Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Kijang Listrik, Riset Lanjutan Marlip (Marmut Listrik LIPI)

Editor - Rabu, 17 Maret 2010 | 11:35 WIB
Mobil Kijang Listrik, Riset Lanjutan Marlip (Marmut Listrik LIPI)
Mobil Kijang Listrik, Riset Lanjutan Marlip (Marmut Listrik LIPI)

OTOMOTIFNET – Mendengar pengerjaan konversi mesin bensin ke motor listrik pada Toyota Kijang milik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang hanya memakan waktu tidak lebih dari enam bulan rasanya cukup mengagumkan.

Tapi ternyata pengembangan mobil listrik LIPI tidak dilakukan secepat itu! Sebelumnya LIPI sudah pernah membuat mobil listrik yang diberi nama Marlip (Marmut Listrik LIPI).

“Riset mobil listrik sudah dilakukan sejak tahun 90-an. Tapi tersendat-sendat karena masalah biaya,” buka Ir Abdul Hapid, Ka Bidang Peralatan Transportasi P2 (TELIMEK), Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik, LIPI Bandung.

“Pengembangan mobil listrik sudah dilakukan sejak lama karena beberapa alasan. Diantaranya karena tingginya harga BBM, masalah emisi gas buang dan keinginan untuk menciptakan mobil dengan biaya operasional dan perawatan rendah,” lanjutnya.

Meski begitu ada banyak perbedaan antara Kijang listrik LIPI ini dengan Marlip yang sudah lebih dulu di jual. Secara konsep mobilnya pun berbeda. Marlin didesain sebagai moda transportasi untuk area-area khusus, seperti bandar udara, rumah sakit, atau kawasan wisata.

Bahkan Marlip sudah diproduksi dan dijual masal melalui perushaan rekanan LIPI. Salah satunya adalah Abdullah Gymnastiar atau yang biasa disapa Aa Gym memegang lisensi menjual Marlip pada 2005 silam. Saat itu Marlip dijual sekitar Rp 40 jutaan.

Kabarnya beberapa rumah sakit seperti RSUD Karawang, RSU Fatmawati, RSUD Donggala, serta Kebun Raya Bogor, dan Kepolisian di Makassar sudah menggunakan mobil ini sebagai kendaraan operasional.

“Selain itu perbedaan mendasar juga terdapat pada motor listik yang dipakai. Marlip pada motor listrik DC sedang riset kita kini berkonsentrasi pada motor listrik AC,” ungkap Hapid.

“Riset motor listrik AC baru dilakukan satu tahun terakhir dan sudah dipakai pada Kijang listrik ini dan mobil konsep Hybrid LIPI,” tambahnya.

Namun sayangnya pengembangan Marlip terhenti karena dana yang sangat terbatas. Kini dengan segala keterbatasannya, LIPI memilih berkonsentrasi untuk membangun mobil Listrik-Hybrid yang secara teknologi lebih maju dari Marlip. Dan Kijang putih ini sebagai jembatan riset LIPI dalam membangun mobil konsep Listrik Hybrid dengan motor listrik AC.

Penulis/Foto: Popo/Yosi-istimewa

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa