Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bus Indonesia Bertenaga Listrik Dibanderol Rp1,5 Miliar

Senin, 23 Desember 2013 | 09:07 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Dalam pameran dan uji coba mobil listrik yang digagas oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), tampak 2 unit bus listrik. "Ada yang bertanya berapa harganya? untuk satu unit bus listrik harganya Rp 1,5 miliar dan sudah bisa dipesan," terang Gusti Muhammad Hatta, Menristek RI pada acara Malam Keakraban Teknologi Kendaraan Listrik di Gedung BPPT, akhir pekan.

Lantas apakah bus ini sudah lulus uji dan bagaimana dengan legalitas surat-suratnya? "Tak hanya mengembangkan hard skill saja, kami bersama konsorsium mobil listrik juga memikirkan soft skillnya. Termasuk STNK nanti pakai apa? Hal-hal kecil seperti ini juga telah dipersiapkan," jawab Hatta.

Dengan banderol harga Rp 1,5 miliar tergolong masih mahal untuk ukuran micro bus. "Jika diproduksi massal maka harganya bisa turun 30 persen, belum lagi jika ada insentif pajak. Kita akan jual dengan produksi terbatas. Saat ini sudah banyak yang pesan dari Pemerintahan Daerah," sebut Menristek.

Diketahui Kemenristek memiliki micro bus garapan LIPI yang dilengkapi meeting room dan perlengkapan hospitality. Selain itu PT. Sarimas Ahmadi Pratama (SAP) yang dipimpin Dasep Ahmadi juga telah siap dengan micro bus dengan kapasitas 17 penumpang. 

Bus ini dilengkapi motor penggerak bertipe AC Syncronous Motor Permanen Magnet, berdaya 135/AC, torsi 340 Nm pada putaran 7.000 rpm. Jarak tempuh dalam sekali pengisian 170 km, untuk kecepatan maksimalnya 120 km/jam. Lama pengisian ulang baterai 5 sampai 6 jam. (mobil.otomotifnet.com)



Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa