Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Ertiga GX M/T 2012

billy - Kamis, 19 September 2013 | 08:36 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Produk low-end MPV (Multi Purpose Vehicle) keluaran Suzuki ini pertama kali memulai debutnya di Indonesia pada tanggal 22 April 2012. Kendaraan tujuh penumpang dengan tiga baris ini pada awal kemunculannya hadir dalam tiga varian berbeda, yakni Ertiga GA, GL, dan GX dengan menggunakan transmisi manual.

Di balik dapur pacunya, kendaraan andalan Suzuki Indonesia ini menggunakan mesin K14B yang dikenal ringan dan kompak dalam memberikan akselerasi, tenaga dan efisien BBM. Salah satu keunggulan lainnya adalah kendaraan ini memiliki luas kabin yang lapang dan memudahkan penumpang untuk keluar ataupun masuk. Tak heran jika sejak proses pemesanannya dibuka pada tanggal 01 Februari 2012, tercatat sudang panjang daftar indent Ertiga.
No caption
No credit
No caption

Suzuki Ertiga menyajikan kemewahan di ruang kabin. Material kursi yang berkelas dan berawarna beige membuat interior Ertiga begitu nyaman dan mewah. “Namun warna yang terang ini justru membuat jok sangat mudah kotor bila tidak disertakan pelapis jok,” jelas Chandra Chaniago, Fotografer sebuah media nasional. Kendaraan inipun telah terpasang fitur keselamatan dimana sudah dilengkapi Side Impact Beam dan AntiLock Braking System serta dual Air Bag pada model GX.

“Setelah lebih dari setahun beredar, tidak pernah ada masalah yang berarti, mesin maupun kaki-kaki Ertiga umumnya masih dalam kondisi baik.” papar Sakim, Service Advisor Suzuki Kalimalang.

No caption
No credit
No caption

Selanjutnya, bagi yang berminat meminang Suzuki Ertiga GX 2012 M/T perlu melihat track record servis ken­daraan. Rekam jejak servis penting untuk menjamin garansi tidak hangus, karena Suzuki memberikan garansi mesin hingga tiga tahun.

Selain itu periksa juga filter ac, karena komponen ini tidak disertakan pada pembelian mobil baru. Kaca film bagian depan tidak termasuk dalam kondisi standar mobil ini. (mobil.otomotifnet.com)

Data Spesifikasi:

Kapasitas mesin: 1.400 cc
Konfigurasi mesin: 4 silindersegaris, VVT
Transmigrasi: Manual 5 speed

KELEBIHAN

1. Menampung banyak penum-pang
2. Akses keluar masuk barang cukup mudah
3. Fitur keselamatan memadai

KEKURANGAN

1. Bahan dasar jok mudah kotor
2. Belum dilengkapi double blow
er


Simulasi Biaya KPM

Angka Ertiga bekas yang tertera sebenarnya masih bisa digo­yang bila Anda piawai menawar dan berburu lebih keras lagi. Pun demikian, ragam angka yang tertera pada tabel simulasi bisa Anda jadikan sandaran dalam melakukan perhitungan kredit.

Dengan tenor tiga tahun dan Down Payment (DP) sebesar Rp 38 juta, Anda bisa melakukan cicilan tiap bulannya sebesar Rp 4,1 jutaan. Pun demikian, jangan lupa, pada pembayaran pertama, juga disertakan biaya administrasi dan asuransi.

Nah, pada tabel simulasi tertera asuransi TLO (Total Loss Only) sebesar Rp 6 jutaan. Namun, bila Anda berkeinginan menggantinya dengan Comprehensive, biasanya, pedagang mempersilakan.

Ertiga GX M/T 2012

Harga RP. 152.000.000
DP 25% Rp. 38.000.000
Angsuran Rp. 4.111.111
Administrasi Rp. 1.600.000
Asuransi (TLO) RP. 6.080.000
Pembayaran Pertama Rp. 49.791.111
Leasing Rp. PT.Kembang 88 Finance
Tenor 3 Tahun
Sumber: Jaya Abadi Motor, Jl. Kebayoran lama no. 123, www.jayaabadimotor123.com

Menakar Biaya Servis

Umur yang relatif muda apalagi catatan servis jelas menjadikan Suzuki Ertiga GX 2012 belum ditemukan masalah yang serius pada mesinnya. Kebiasaan pemakaian dan juga jarak tempuh yang dicapai hendaknya diperhatikan bagi calon pembeli mobil bekas ini. “Belum ada keluhan mesin yang berarti dari pemakai Ertiga GX 2012”, ujar Sakim, Service Advisor Suzuki Kalimalang, Jakarta Timur.

Belum lagi mobil ini masih diganjar garansi oleh Suzuki. Sebab itu harap diteliti betul apakah masih garansi atau sudah hangus. Hal-hal yang menyebabkan hangusnya garansi tentu bisa dicek langsung ke bengkel resmi Suzuki atau juga bisa dilihat di buku manualnya.

Sebagai gambaran, memasuki kilometer 10 ribu, konsumen dikenakan biaya Rp 297 ribu. Harga sudah meliputi penggantian oli mesin dan filter oli, serta jasa pemeriksaan masih gratis.

Sementara itu pada kilometer 20 ribu, estimasi biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp 901. 298. Biaya ini untuk mengganti oli mesin, filter oli, oli transmisi, dan busi. Biaya untuk servis masih dibebaskan alias gratis bagi yang masih memiliki kupon servis gratis.

Pada kilometer 20 ribu dianjurkan juga untuk melakukan spooring dan balancing. Untuk jasa ini dikenakan biaya Rp 286 ribu.

 Daftar Fast Moving
Busi Rp. 27.300
Filter udara Rp. 80.000
Filter oli Rp. 25.900
Sumber: PT Sumber BAru Sentral Mobil. Jl. Raya kalimantan Blok M 1 No. 3A Pondok Kelapa Duren sawit Jakarta Timur Telp. 021-86903019

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa