Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenang Kembali Toyota Corolla Liftback 1988

billy - Jumat, 12 Juli 2013 | 15:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Platform Corolla Liftback sejatinya masih sedarah dengan Corolla Twin Cam yang berkode AE92. Perbedaan yang paling mencolok ada pada sisi buritan belakang, kaca dan pintu bagasi yang menyatu membuatnya semakin terlihat seksi. Dengan mesin 4A berkapasitas 1.600 cc, muntahan tenaga cukup memuaskan buat yang suka kecepatan.

Tapi tunggu dulu, jangan langsung terbawa nafsu untuk meminang mobil ini, baiknya cek dulu secara seksama komponen satu persatu. “Overall kekurangannya sama saja seperti Corolla Twin Cam sedan, tapi khusus liftback kesulitan cari body parts bagian belakang, seper-ti lampu, bemper, bagasi dan kaca belakang,” jelas Heron, Chief Mechanic R Speed yang banyak menangani mobil-mobil tahun 90an.

Karena kaca belakang menyatu dengan bagasi, otomatis akan lebih berat dari sedan, ujung-ujungnya hidrolik pembuka bagasi belakang cepat melemah akibat beban berat yang ditanggung. Selebihnya, kelemahan lain datang dari sektor kaki-kaki, mesin dan power steering.

No caption
No credit
No caption

Komponen kaki-kaki yang biasanya bermasalah yaitu as roda, long tierod dan end tierod. Sedangkan bagian mesin, kerap ditemukan gejala overheat. “Overheat terjadi karena komponen yang sudah termakan usia dan ukuran spuyer yang terlalu kecil,” tambah mekanik ramah ini. Karburator juga demikian, akibat usia pakai yang terbilang sudah tua, kadang membuatnya sering ngadat.

Untuk bagian power steering, biasanya ditemukan kebocoran pada sil pompa power steering dan selang high preassure di steering rack. Agar tidak semakin parah, baiknya langsung diservis agar kerusakan tidak merembet kemana-mana.

Bicara harga Corolla Liftback, kini sudah tidak ada patokan bakunya. Semuanya kembali pada kondisi dan keberadaan mobil tersebut. Seperti di A2 Motor yang berlokasi di Jl. Radin Inten 2 No. 58, Jakarta Timur, disini harga Corolla Liftback lansiran 1988 berada di angka Rp 50 juta saja. Mahal atau murah itu relatif, karena mobil ini sudah menjadi collector item. (mobil.otomotifnet.com)


 Data Spesifikasi

Kapasitas mesin: 1.600 cc
Konfigurasi mesin: 4 silinder segaris, Twin Cam
Transmisi: 5 speed M/T

KELEBIHAN

1. Performa mesin mumpuni
2. Spare parts bisa subtitusi dengan Corolla Twin Cam
3. Model unik dan timeless

KEKURANGAN

1. Beberapa spare parts ori-sinal harganya cukup mahal
2. Sektor kaki-kaki butuhperhatian lebih
3. Komponen body parts ter-golong langka

Menakar Biaya Servis

Mobil ini sudah berusia cukup tua, banyak komponen yang mulai aus dan minta jajan. Salah satu bengkel yang bisa menangani mobil ini yaitu R Speed. Bengkel yang berlokasi di Jl. Basuki Rachmat No. 23, Jakarta Timur ini siap mengerjakan, mulai dari mesin, kaki-kaki sampai bagian bodi.

Buat biaya servis kaki-kaki dan power steering, hanya dikenakan Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu saja, itu semua tergantung tingkat kerusakan yang dialami. Kemudian untuk biaya jasa servis karburator beserta tune up, hanya berkisar Rp 250 ribuan. Harga-harga tersebut belum termasuk penggantian parts, jadi hanya jasa servis saja.

Setelah semua komponen kembali dalam kondisi prima, jangan lupa lakukan perawatan berkala setiap 5.000 km sekali agar performanya tetap terjaga. Buat informasi lebih lengkap mengenai servis, bisa hubungi 021-70980010.

 Harga Komponen

Filter oli Rp 40.000
Filter udara Rp 120.000
Filter bensin Rp 30.000
Kampas rem depan Rp 350.000
Kampas rem belakang Rp 160.000
Tierod  Rp 175.000
Long Tierod Rp 560.000
Sumber: GT Motor. Atrium Plaza Lt. 5 Blok A 77-78, Jakpus. Telp. (021) 3516160

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa