Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seputar Asuransi, Bila Ditemukan Obat Terlarang

billy - Selasa, 30 April 2013 | 16:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Masih seputar asuransi, dalam kondisi di mana sebuah mobil yang di dalamnya terdapat obat-obatan terlarang terlibat kecelakaan, namun pengemudinya tidak dalam kondisi di bawah pengaruh obat-obatan terlarang, maka perusahaan asuransi berhak melakukan upaya untuk membuktikan fakta yang sebenarnya. “Dalam hal ini bisa merujuk pada hasil investigasi polisi atau melakukan upaya pembuktian sendi­ri bila diperlukan,” jelas Iwan yang juga pengamat industri asuransi kendaraan bermotor tersebut.

Jika berdasarkan hasil investigasi polisi, pengemudi tersebut tidak ada hubungan dengan obat terlarang yang ada di mobilnya, maka perusahaan asuransi akan mengabul­kan klaim dari Tertanggung. Namun, lagi-lagi Iwan mengomentari, jika menurut investigasi polisi, pengemudi tersebut ada hubungan dengan obat terlarang tadi dan bahkan berada di bawah penga­ruh obat terlarang, maka perusahaan asuransi berhak menolak klaim dari Tertanggung.

Hal ini secara tegas tercantum dalam PSAKBI Bab II mengenai pengecualian pasal 1 ayat 1.1 butir 1.1.3. Pasal ini menyebut bahwa pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan, biaya atas kendaraan bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, yang disebabkan oleh kendaraan yang digunakan untuk melakukan tindak kejahatan. “Oleh karena membawa atau menyimpan obat terlarang di dalam mobil merupakan bagian dari tindak kejahatan, maka dalam kasus ini pihak asuransi berhak menolak klaim dari tertanggung,” ungkap Iwan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa