Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal si Imut Proton Savvy AMT 2008

billy - Jumat, 15 Februari 2013 | 06:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Nah, pilihannya adalah membeli mobil kecil seperti Proton Savvy ini. Dimensinya yang mungil membuat Anda akan mudah bermanuver dan menyalip di tengah kemacetan.

“Saya tinggal di Depok, sedangkan kantor saya di Blok M, terbayang setiap hari kemacetan yang harus saya jalani?” ujar Ari, seorang karyawan swasta. Akhirnya Ari memilih Proton Savvy sebagai kendaraan hariannya.
No caption
No credit
No caption

“Lumayan enak, mudah menyalip, bensin irit, dan tahunnya juga masih muda,” urainya. Nah, biasanya keluhan pemilik Savvy sekarang ini mesin suka tersendat. “Bisa dari bahan bakar, pengapian, atau injeksi yang sudah mulai kotor. Namun, bisa juga dari crank angle sensor yang berfungsi untuk mengatur pengapian. Gejala awalnya yang paling ringan susah distarter, kalau sudah parah nggak mau hidup,” ujar Rinaldi, Service Advisor Proton Arteri Pondok Indah. Harga crank angle sensor ini Rp 300 ribuan.

Masih menurutnya, Savvy ini memiliki transmisi AMT yang unik. “Jadi sebenarnya tetap manual namun ada mekanisme yang namanya robotic untuk mengoperasikan matiknya ini,” jelas Rinaldi lagi. Sayangnya, transmisi AMT ini kurang responsif, walaupun dalam posisi D di tanjakan, apabila rem tidak diinjak maka mobil akan bergerak turun. Transmisi ini biasanya bermasalah pada akumulator yang mengatur dan me­ningkatkan tekanan oli. Nah, kalau sudah kena harus ganti dan harganya cukup mahal, yaitu Rp 4,5 juta. (mobil.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

KELEBIHAN

1. Model kompak sehingga mudah dikendalikan
2. Tampilan awet
3. Mengadopsi transmisi AMT

KEKURANGAN

1. Resale value belum cukup kuat
2. Perhatikan kondisi kesehatanmesin
3. Perlu peredaman kabin

No caption
No credit
No caption

Simulasi Biaya KPM

Melihat harga bekasnya memang menggiurkan. Bila pokok hutangnya diperkecil dengan tenor yang sama, maka bisa didapat angka di bawah Rp 1,85 juta tiap bulannya.

Tapi itu semua tergantung ketersediaan dan pengaturan pengelolaan keuangan Anda. Namun, ja­ngan lupa, bahwa tidak semua anggaran yang Anda miliki ditumpahkan semua pada simulasi KPM ini. Jangan lupa, sisakan untuk biaya servis.

Selamat berburu.


Menakar Biaya Servis

Proton Savvy AMT ini diservis rutin setiap 5.000 km. Setiap 5.000 km yang diganti adalah oli mesin, engine flush, dan injector cleaner. Proses itu memakan biaya Rp 710.500 dan akan diulang pada 15.000, 25.000, 35.000 km, dan seterusnya.

Lalu setiap 10.000 km dilakukan penggantian oli mesin, filter oli, engine flush, dan injector cleaner dengan biaya Rp 802.000 dan akan diulang pada 20.000, 30.000, 40.000 km, dan seterusnya.

Sementara itu setiap 20.000 km yang diganti adalah oli mesin, filter oli, filter udara, filter bensin, engine flush, injector cleaner, dan servis rem dengan total biaya Rp 1.261.900 dan akan diulang pada 60.000 dan 100.000 km.


 Data Spesifikasi
Kapasitas mesin: 1.200 cc
Konfigurasi mesin: 4 silinder, injeksi
Transmisi: 4 speed AMT (Automatic Manual Transmision)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa