Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Isi Bensin di Singapura, Berapa Ya Harganya?

Senin, 1 Juni 2015 | 11:07 WIB
No caption
No credit
No caption


Singapura - Kesempatan yang didapat OTOMOTIFNET untuk mengetes Porsche Boxster GTS di Singapura (22/5) ternyata sekalian memberi pengalaman baru untuk lebih mengenal kehidupan berlalu lintas disana. 

Nah, salah satu yang kami penasaran adalah soal bensin. Kalau isi bensin di Singapura, sama enggak ya harganya dengan di Indonesia?

Sebelum sesi test drive dimulai, Karl Daruwalla, seorang instruktur dari Accelerate memberi otomotifnet.com pengarahan soal Porsche Boxster GTS yang akan dikemudikan. Yang kami penasaran, bensin jenis apa yang digunakan untuk roadster tersebut, sehingga kami tanyakan.

“Tadi saya isi dengan Shell RON 98, harganya sekitar 2 dolar singapura lebih per liternya,” jelas pemilik Porsche 996 tersebut. Wah, kok mahal juga ya harga bensinnya?

Nah, kalau di Indonesia terdapat tiga penyedia bahan bakar. Di Singapura, totalnya ada empat, namun jenis yang dijual sedikit berbeda dengan yang ada di Indonesia. Jenis bensin yang dijual menggunakan RON (Research Octane Number) 92, 95 dan 98. Sedangkan bahan bakar diesel juga dijual pada masing-masing SPBU, namun dengan harga lebih murah.

Untuk harga bensin RON 92 dan RON 95, setiap pom bensin dipatok dengan harga sama, dengan yang satu mengikuti yang lainnya ketika terjadi kenaikan harga. Misalnya di Caltex, perusahaan dibawah Chevron yang merupakan salah satu penghasil bahan bakar terbesar di dunia yang berasal dari California, Amerika Serikat. 

Untuk RON 92 di Caltex (Regular 92 with Techron) dijual seharga S$2,150 (Rp 20.945) per liternya, lalu RON 95 (Regular 95 with Techron) dijual S$2,190 (Rp 21.335) per liter, sedangkan RON 98 (Platinum 98 with Techron) S$2,410 (Rp 23.478) per liternya. Untuk diesel (Caltex Diesel with Techron) dijual S$1,400 (Rp 13.639) per liter.

Kemudian, SPC atau Singaporean Petrol Company yang menjadi anak dari PetroChina dari Tiongkok, menjual RON 92 dan 95 dengan harga sama seperti Caltex. RON 98nya dijual seharga S$2,37/liter (Rp 23.089) dan diesel S$1,39/liternya (Rp 13.541).Sayang kami tidak punya data harga dariEsso, anak perusahaan ExxonMobil, perusahaan minyak dari Texas, Amerika Serikat.

Yang unik, Shell, perusahaan minyak dari Belanda, tidak menjual bensin dengan RON 92. RON 95-nya dijual dengan harga sama seperti yang lain. Sementara terdapat dua jenis RON 98, yaitu jenis reguler FuelSave 98 dengan harga S$2,390/liter (Rp 23.284) sedangkan yang premium V-Power seharga S$2,7/liter (Rp 26.791).

Nah, misalkan mengisi penuh tangki Porsche Boxster GTS dengan RON 98 reguler milik Shell, kira-kira habis berapa ya? Tangki bensinnya membutuhkan 64 liter, sehingga untuk mengisi dengan Shell FuelSave 98 dengan harga Rp 26.791 per liternya, maka akan menghabiskan Rp 1,5 jutaan! Sedangkan dengan V-Power akan menghabiskan Rp 1,7 jutaan!

Ternyata mahal juga ya mengisi bensin di negara tetangga... (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa