Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

KPBB: Kualitas BBM Pertalite Sama Saja, Hanya Akal-Akalan

Senin, 20 April 2015 | 08:06 WIB
No caption
No credit
No caption


Menurut Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), sebuah lembaga swadaya masyarakat yang konsen mengawal kualitas BBM di Indonesia. KPBB beranggapan bahwa Pertalite dengan RON 90 memiliki kualitas sama saja dengan Premium. Penambahan HOMC bisa menambah angka oktan hingga 12 angka

Jakarta - Pertamina berniat meluncurkan BBM jenis baru yang kabarnya diberi nama Pertalite. Tersiar kabar, Pertalite memiliki RON (Research Octane Number) di angka 90.

Menurut Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), sebuah lembaga swadaya masyarakat yang konsen mengawal kualitas BBM di Indonesia, beranggapan bahwa Pertalite dengan RON 90 memiliki kualitas sama saja dengan Premium. 

“Itu hanya akal-akalan, untuk mengganti nama saja,” bilang Ahmad Safrudin, Ketua Peneliti KPBB.

Pernyataan ini dilandaskan oleh temuan KPBB, bahwa Pertalite sebetulnya hanya ditambahkan blending component berupa High Octane Mogas Component (HOMC). “HOMC ini dicampurkan pada bensin berkualitas rendah. Misalnya Premium beroktan 88 ditambahkan HOMC menjadi Pertalite 90,” ungkap pria yang akrab disapa Puput.
 
Masih menurut Puput, penambahan HOMC ini memang wajar terjadi. “Untuk Premium misalnya ditambahkan HOMC 40%. Material HOMC berupa metallic octane booster yang berarti kualitasnya turun,” bebernya.
 
Besaran oktan pun berbeda-beda tiap daerah. Hal ini terkait dengan refinery atau kilang-kilang sebagai asal produksi BBM. “Sebagai contoh BBM Premium di Jambi, Kupang dan lainnya memiliki oktan 88, kemudian di Manado 88,2, Jakarta 88,5,” sebut Puput.
 
Dengan kata lain, mengubah besaran angka oktan ini bisa dilakukan tanpa memproduksi jenis BBM baru. “Jangan sampai salah pengertian. BBM dengan oktan 90 tersebut diracik dengan menambahkan blending component, artinya Pertamina hanya menambahkan octane booster,” imbuhnya lagi. (otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa