Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Kayu, Bisa Jalan Hingga 20 KM

Dimas Pradopo - Senin, 19 Januari 2015 | 08:06 WIB
No caption
No credit
No caption



Shenyang - Beberapa pabrikan mobil berlomba-lomba mengeluarkan teknologi baru untuk memanjakan konsumennya. Agar lebih nyaman, safety dan lain sebagainya. Bahan dan teknik pembuatannya sudah sangat canggih. Tetapi beberapa orang di luar sana masih ingin menjaga hal-hal sederhana. Yaitu dengan membuat mobil buatan tangan berbahan kayu. Mobil kayu sebenarnya yang fungsional dengan biaya pembuatan sekitar US$ 1.600 (Rp 20 juta).

Seperti yang dilakukan Liu Fulong, seorang tukang kayu yang besar dari kota Shenyang, Provinsi Liaoning. Awalnya pengrajin berbakat ini sibuk membangun kendaraan listrik berbahan kayu yang dilengkapi dengan aksesori senjata dengan beberapa radar dan rudal. Produk ini jelas hanya untuk pamer, tanpa ada koneksi ke militer sama sekali.

Nah, sekarang Liu Fulong dengan ciptaan lain. Kali ini mobil kayu buatannya bertenaga listrik. Jika baterai penuh mampu berjalan hingga 20 km. Liu mengatakan mobil ini sebenarnya merupakan upgrade dari model sama yang ia bangun kembali pada bulan Agustus.

Tentu tidak semuanya asli berbahan kayu. Ada beberapa bagian tetap menggunakan komponen asli mobil. Seperti ban, jok mobil, lampu, rem kecil dan mesin, sisanya baru terbuat dari kayu. Mulai dari bodi mobil, bingkai spion dan bahkan sampai setir.

Bentuknya sengaja dibuat klasik agar unik. Mampu dinaiki oleh 2 orang penumpang. Pada dasbor terlihat indikator kecepatan dan beberapa tombol termasuk kunci kontak. Sedangkan pedalnya hanya ada dua, gas dan rem saja. Lalu ada pula tuas rem tangan dan persneling maju mundur. Mobil ini diklaim memiliki kecepatan maksimal hingga 50 km/jam.. • (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa