Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Teknologi Truk Semakin Aman dan Nyaman

Dimas Pradopo - Rabu, 31 Desember 2014 | 14:12 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Kini mobil komersial seperti truk sudah dilengkapi dengan teknologi modern dan beberapa fitur praktis. Beberapa pabrikan truk di Indonesia juga menghadirkan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi. Kendaraan truk identik dengan bisnis pemiliknya, sehingga biaya operasional menjadi prioritas. 

“Selain teknologi mesin, truk modern juga sudah dilengkapi fitur kenyamanan dan keamanan untuk pengemudi dan barang bawaan,” ujar Rizwan Alamsjah Executive Marketing Director, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

Mesin

Terobosan terbaru dari Isuzu GIGA pada varian FRR dan FTR yang merupakan truk medium 4x2 dengan mesin 4 silinder. Mesin Isuzu GIGA menggunakan mesin Heavy Duty Common Rail Turbo Intercooler yang dilengkapi dengan ECM (Electronic Control Modul). “Karena sistem pembakaran yang lebih baik. Mesin dapat memakai BBM lebih sedikit, namun tenaga yang didapat lebih besar. Hal itu tentu menguntungkan para pebisnis dalam menjalankan operasional,” jelas Edy J Oekasah, GM Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Sedangkan untuk pabrikan Hino memiliki mesin common rail hampir disemua varian medium truk, tractor head, dan bus, yang sudah dilengkapi dengan sistem penyaringan solar terdiri dari tiga filter. Yaitu pre-filter, main filter 1, dan main filter 2. Menjadikan penyaringan lebih bersih, membebaskan solar dari kontaminasi zat, hasilnya pembakaran lebih sempurna dan mesin lebih awet.

Khusus untuk varian Super Cruising Ranger FG 240 JP, dan FM 285 JW sudah mengaplikasikan Injector DLC (Diamond-Like Carbon) yang lebih awet dan tahan lama dengan penggantian injector lebih mudah tanpa harus seting komputer.

Pabrikan Mitsubishi Fuso juga memiliki Mesin modern seperti Fuso FJ 2523 (6x2), dilengkapi mesin diesel injeksi 6.373 cc bertenaga 230 PS. Injeksi bahan bakar menggunakan unitized injection pump berkapasitas tinggi dengan turbo intercooler.

Unitized injection pump ini terpasang di setiap selinder mesin yang mampu bekerja secara individual dengan proses injeksi yang diatur secara elektronik. Teknologi ini mewujudkan efisiensi bahan bakar dan perawatan yang mudah. Uniknya mesin dapat beroperasi walaupun salah satu pompa injeksi tidak berfungsi.

Kenyamanan

Isuzu GIGA dan Elf dilengkapi dengan radio, CD dan MP3. Sebagian produk sudah dilengkapi kamera mundur (reverse parking cammera)untuk memudahkan saat parkir di area terbatas. Desain kabin Isuzu GIGA memiliki konsep Hexapod sehingga terasa nyaman saat berkendara.

Sedang Mitsubishi New FUSO FJ 2523 (6x2) memiliki Roda kemudi dengan sistem material Polyurethane (PU) yang dilengkapi dengan fitur tilt & telescopic steering yang menambah kenyamanan berkendara sehingga pengemudi tidak cepat lelah. Asyiknya, di belakang kabin ada ruang tidur yang dilengkapi jendela yang dapat di buka – tutup.

Keamanan

Untuk keselamatan pengemudi dan barang bawaan, beberapa fitur telah disematkan di truk New Fuso 2523 (6x2). Seperti, fitur interwheel differential lock, yaitu teknologi yang mampu mengatasi slip pada roda sehingga membuat kendaraan lebih mudah dioperasikan ketika berada di lintasan lumpur dan permukaan jalan yang licin.

“Selain itu ada indikator keausan kampas kopling yang memberikan kemudahan untuk melakukan perawatan berkala dan penggantian part,” kata Rizwan Alamsjah.

Juga sudah dilengkapi dengan multi information display (MID) yang memudahkan pengendara mendapatkan berbagai informasi penting ketika berkendara. Seperti jarak tempuh, kecepatan rata – rata dan kosumsi bahan bakar dengan variable green band indicator. Dapat membantu pengemudi berkendara dengan pemakaian bahan bakar lebih ekonomis.

Sedangkan varian Hino 500 series Ranger FM 320 P yang sudah dilengkapi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). “Untuk meningkatkan kenyamanan pada saat pengereman mendadak, sehingga proses pengereman menjadi lebih efektif dan aman,” jelas Prasetyo Adhi Yudho, Product Division Head PT Hino Motors Sales Indonesia.

Selain itu, varian ini memiliki tachograph yang berfungsi memantau kondisi operasi kendaraan dan prilaku berkendara pengemudi. Hal ini memudahkan pengusaha mengecek operasional truk yang berkaitan dengan efisiensi BBM.•(otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa