Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komponen Mobil Jarang Meledak Seperti Film Hollywood

Rabu, 13 Agustus 2014 | 11:30 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Kecelakaan hebat terjadi di dekat Lotte Mart, Bintaro Sektor 7, Tanggerang Selatan, kemarin (12/8). 3 mobil dan 1 motor terbakar. Lalu kenapa kecelakaan tersebut bisa menyebabkan kebakaran hebat?

Kejadian berawal ketika Honda Freed yang melaju kencang menabrak sebuah motor, bukannya berhenti malah terus melaju, sehingga menyebabkan motor ikut terseret. Diduga, terseretnya motor ini menimbulkan percikan api.

Nasib sial dialami Toyota Avanza dan sebuah taksi yang kebetulan melintas dan tertabrak Honda Freed tersebut. Efeknya, boom! Ledakan dan kebakaran terjadi, seperti di film-film Hollywood.

Dadi Hendriadi, Division Head Technical Service Division Toyota Astra Motor coba memberikan hipotesa terkait kecelakaan tersebut. Ia mengatakan, penyebab terjadinya kebakaran karena percikan api akibat motor yang terseret Honda Freed.

"Sebenarnya, Avanza dan taksi tidak berpotensi kebakaran, tapi karena dekat dengan sumber api (motor yang terseret Honda Freed) maka ikut terbakar. Padahal, tangki mobil jarang meledak, nggak seperti film-film Hollywood," ujarnya ketika berbincang dengan otomotifnet.com hari ini (13/8)

Ia menjelaskan lebih lanjut, yang mungkin terbakar adalah saluran bahan bakar yang terbuat dari karet atau plastik. "Meski sebenarnya sudah ada sistem saluran yang fleksible, yang tahan getaran. Tapi untuk Avanza sendiri saluran utamanya terbuat dari metal atau plastik keras," tambahnya.

Nah, komponen saluran bahan bakar tersebut sangat jarang terbakar, kecuali sumber apinya besar. "Coba aja bakar bemper plastik pake korek gas, bemper akan meleleh tapi nggak kebakar," ujarnya sebagai penutup. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa