Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

MotoGP : Jelang GP Italia: Aprilia Pertama Kali Pakai Girboks Seamless

Dimas Pradopo - Rabu, 27 Mei 2015 | 20:58 WIB
No caption
No credit
No caption


Italia – Tim Gresini berencana mulai mengaplikasi girboks seamless di motor Aprilia, pada putaran keenam MotoGP di Mugello, Italia akhir pekan ini.

Memanfaatkan momen balapan di negara sendiri, Aprilia RS-GP dibekali girboks full seamless, upshift dan downshift (untuk perpindahan gigi naik dan turun).

Awal Mei lalu, mereka sukses menguji coba girboks full seamless di Jerez. Alvaro Bautista memberi gambaran, tidak jauh dengan settingan standar girboks Honda yang pernah dikendarainya selama dua musim lalu.

“Kesempatan sangat penting di Mugello, karena sistem pemindah gigi seamless kami akan memulai debutnya. Akan dipakai kedua pembalap kami,” jelas manajer Aprilia Racing, Romano Albesiano.

“Feedback dari Bautista setelah uji coba di Jerez, usai balapan di GP Spanyol, meyakinkan kami untuk mempercepat pengembangan solusi ini, agar siap dipakai di balapan secepatnya,” lanjut Romano.

Girboks yang proses perpindahan giginya tanpa jeda ini sudah dipakai tim pabrikan Honda, Yamaha dan Ducati. Hanya Aprilia dan Suzuki yang masih pakai girboks konvensional.

Tak hanya girboks baru, di Mugello nanti Aprilia menyiapkan berbagai perubahan yang berhubungan dengan aerodinamika dan sasis.

Menurut Romano, semua ini merupakan bagian dari pengembangan untuk hasil yang lebih baik di Mugello. Sejauh ini Bautista sudah menoleksi 3 point dari tiga kali finish di urutan 15.

“Di Mugello kami membawa banyak perubahan teknis ke trek, dimulai dengan girboks seamless yang saja coba di Jerez dengan hasil yang bagus. Jadi kami sangat termotivasi saat di balapan ini,” kata Bautista.

“Kami juga memiliki beberapa upgrade pada berbagai area di motor. Jadi saya yakin kami akan memiliki kemajuan besar,” lanjut Bautista, rekan setim Marco Melandri.

Setelah melakukan banyak uji coba, jika berhasil menemukan setelan yang baik di sirkuit yang sulit seperti Mugello, “Saya pikir ini akan membantu kami dalam balapan berikutnya,” tegas Bautista yang ngin mengetahui kemajuan teknis yang didapat.

Setelah lima seri berlalu, Aprilia hanya bisa finish terbaik di urutan 15. Ya semoga ada kemajuan.  (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa