Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

F1 : Tokoh Formula 1 Juga Muncul Dalam Daftar Kasus Swiss Leaks

Dimas Pradopo - Jumat, 13 Februari 2015 | 13:36 WIB
No caption
No credit
No caption


Swiss - Selain Valentino Rossi, kasus bocornya dokumen tahun 2006-2007 HSBC Holding Plc di Swiss (Swiss Leaks case) memunculkan tiga figur lagi dari dunia motorsport. Yakni pembalap F1 Fernando Alonso, Heikki Kovailanen dan mantan bos tim Flavio Briatore.

Mereka menjadi nasabah private banking HSBC Swiss, layanan yang memungkinkan nasabah punya rekening tanpa mencantumkan identitas asli yang dinilai melanggar hukum.

Dikutip dari jamesallenonf1.com, Alonso pernah tinggal di Swiss dari 2006 hingga 2010. Ia kembali ke Spanyol agar lebih dekat dengan teman dan keluarga dan kini di Dubai.

“Senangnya kembali ke rumah. Saya senang membayarnya (pajak). Saya enggak miskin, hanya sedikit kurang kaya sekarang,” ujarnya saat itu.  

Alonso terhubung dengan empat rekening di HSBC namun belum jelas apa perannya dalam kasus ini. Flavio Briatore juga terhubung dengan sembilan rekening di HSBC. Philippe Quakra, pengacara Briatore pun mengungkapkan kepada International Consotium of Investigative Journalists (ICIJ) yang menggelar kasus ini.

“Mr. Briatore dapat mengkonfirmasi bahwa ia dan perusahaan-perusahaan di grupnya yang beberapa dioperasikan di Swiss memiliki beberapa rekening di Swiss yang sangat legal dalam segala hal, utamanya dengan beberapa dan semua hukum dan aturan perpajakan,” ujarnya.

Sementara Heikki dihubungkan dengan tiga rekening bank dan belum memberi komentar. HSBC sendiri dikabarkan sudah menyatakan mengubah caranya dalam berbisnis. Kasus ini muncul setelah mantan karyawan HSBC dan wishtleblower, Herve Falciani menyadap data komputer perusahaan sebelum akhirnya membocorkan dan melarikan diri dari Swiss. (otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa