Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Drifting : Helm Canggih Castrol Edge Bikin Takjub Drifter di Titanium Trial Driving Challenge

Dimas Pradopo - Kamis, 28 Mei 2015 | 11:31 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Castrol EDGE meluncurkan Titanium Trial Driving Challenge terbaru. Dalam tantangan ini, drifter profesional dari Formula Drift, Matt Powers yang mengendarai sports car Roush Stage 3 Mustang memakai helm canggih Oculus Rift Development Kit 2.

Ini bukan helm biasa, karena lebih merupakan headset yang menayangkan simulasi mengemudi di dunia lain secara virtual reality seperti dirilis Castrol (27/5). Saat memakai helm ini, Matt Powers tak bisa melihat lingkungan di sekelilingnya. Gantinya ia akan melihat simulasi dunia virtual 3D.  

Untuk pertama kalinya di dunia, Castrol EDGE memadukan teknologi video games dan pengalaman mengemudi secara langsung dan nyata, menggunakan mobil modifikasi dan teknologi virtual reality. Sehingga suasana di dunia bentukan komputer tersebut merespon gerakan pengemudi dan mobilnya secara real time.

Tayangan di video game menyuguhkan pemandangan menakjubkan seperti batu-batu besar berjatuhan, trek yang runtuh, terowongan, tebing yang curam, bahkan penampilan bintang tamu pembalap yang dikenal lain.

Tantangan ini merupakan bagian dari Castrol EDGE Titanium Trials, sebuah rangkaian tantangan mengemudi bertenaga tinggi yang membawa manusia dan mesin bersama-sama mendorong batas dari performa maksimal yang dimungkinkan terjadi oleh Castrol EDGE dengan Titanium FSTTM – oli Castrol dengan teknologi terkuat dan tercanggih saat ini.

Usai menjajal virtual drift, Matt Powers menyatakan kesannya. “Virtual Drift sangat menantang dan memacu adrenalin dengan cara yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Sangat menakjubkan bagi saya karena tidak hanya terlibat dan mencoba generasi terbaru dari teknologi gaming, tetapi juga atas kemungkinan yang terbuka balap ke depannya! Saya harus mengandalkan insting dan mobil untuk beraksi, dengan kekuatan dari Castrol EDGE pada mesin untuk meyakinkan saya bahwa mobil saya dapat mencapai kekuatan maksimum,” ujar Matt.

Castrol EDGE dan ahli teknologi kreatif, Adam Amaral dan Glenn Snyder, berhasil mengembangkan teknologi baru yang mendukung uji coba tersebut. Dengan menggali data dari diagnosa internal mobil (OBD2) dan sistem pelacakan posisi eksterior (GPS dan pengukuran inersia), tim akhirnya berhasil melakukan sinkronisasi data dengan helm Oculus Rift DK2 milik Matt Power.

Hasilnya, dari sebelumnya hanya bisa dialami saat duduk kini dialami secara mobile di dalam mobil  yang bergerak sungguhan. Untuk pertama kalinya pula, tim berhasil mengubah mobil sungguhan menjadi game controller raksasa yang  memungkinkan Powers merasakan dunia virtual melalui helm yang ia pakai.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak videonya di https://www.youtube.com/watch?v=wmZG50zltn4. (otosport.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa