Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tengok Spesifikasi Truk Reli Dakar Hino 500 GT

Senin, 13 Januari 2014 | 17:08 WIB

Pada ajang Reli Dakar 2014, tim Hino Sugawara berlomba mengandalkan dua unit Hino 500 GT. Truk yang turun di kelas U-10 Liter tersebut berbasis Hino 500 Series yang dikenal sebagai produk yang tangguh.

Kendaraan berjuluk ‘Little Monster’ tersebut dimodifikasi agar memiliki putaran mesin lebih tinggi. Serta mengganti komponen turbo dan intercooler standar. Hasilnya, Truk 1 yang mengusung mesin A09C-TI 6-silinder segaris  8.866 cc mampu menyembur daya 600 dk. Truk 2 dibekali mesin J08C-TI 6-silinder segaris 7.961 cc bertenaga 485 dk.

Tak hanya itu, untuk melahap trek Reli Dakar yang ekstrem, sistem penggerak keduanya memakai tipe part time four wheel drive dengan differential lock di roda depan dan belakang. Transmisinya mengusung manual 6-speed. Mengingat tinggi kendaraan mencapai 3 meter, top speed keduanya dibatasi 170 km/jam saja.

Fitur lainnya, kedua truk ditanam sistem rem dari Brembo dan ban segala medan Michelin XZL. Teknologi baru yang disematkan pada mobil berbobot 7,4 ton (Truk 1) dan 6,7 ton (Truk 2) ini adalah Central Tire Inflation System Teleflow CTIS. Fitur ini memungkinkan navigator untuk mengatur tekanan angin dari dalam kabin, hanya dengan menekan tombol pada perangkat komputer yang ada.

Di dalam kabin, tertanam roll cage dengan spesifikasi Reli Dakar berbahan pipa 70 mm. Dasbornya masih memakai versi standar, namun jok sudah mengusung model bucket seat.

Sebagai catatan, truk pertama dikemudikan oleh Yoshimasa Sugawara, yang juga pemegang Guiness World Records untuk 26 kali partisipasi dalam reli Dakar dan 20 kali menyelesaikan reli hingga akhir.

Sedangkan kendaraan kedua dikemudikan oleh anak dari Yoshimasa sendiri, yakni Teruhito Sugawara yang berpengalaman reli sejak 1999. Selain itu, dalam tim bapak-anak ini dilengkapi dengan dua orang navigator dan lima orang mekanik Hino yang bertugas selama reli. (otosport.co.id)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa