Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Drag Race SENTUL, Satu Heat Penuh Arti

billy - Jumat, 23 November 2012 | 13:41 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Hujan lebat yang mengguyur sirkuit International Sentul, Bogor, Jabar dan sekitarnya pada hari Minggu lalu (18/11) selain membawa berkah bagi masyarakat sekitar, juga membawa keberuntungan tersendiri bagi beberapa peserta drag race dan drag bike saat berlaga di gelaran Achilles Corsa Drag Race - Drag Bike (D2) 2012 seri 4.

Bagaimana tidak. Event D2 yang sekaligus menjadi seri pamungkas ini, rencana awalnya akan digelar dalam dua heat. Namun hujan lebat sejak sekitar pukul 11.00 WIB hingga berakhirnya lomba (18.00 WIB), membuat pihak panitia memutuskan hanya diberlakukan satu heat saja.

"Menjelang hujan turun, heat pertama di drag race masih tersisa satu kelas yang belum berlaga, dari 10 kelas yang dilombakan, yakni kelas 11 detik. Berhubung sampai sore hujan masih lebat, akhirnya kelas 11 detik dibatalkan. Hal ini demi keamanan dan keselamatan peserta," tutur Martinus Dwiyanto, brand activation Corsa, PT Multistrada Arah Sarana, Tbk (MASA).

Pria akrab disapa Dwi ini juga menambahkan. "Sedangkan di drag bike, heat pertama baru berlangsung 5 kelas dari 11 kelas yang dilombakan. Lantaran para peserta tetap bersemangat untuk menuntaskan heat pertama, ujungnya sekitar pukul 14.00 WIB, heat pertama dilanjutkan sampai selesai".

TIDAK PUAS
Alhasil beberapa peserta ada yang merasa kurang puas dengan catatan waktu yang diperolehnya, karena cuma sekali race saja. Tapi apa boleh buat, cuaca dan kondisi trek yang kurang mendukung, membuat gelaran ini hanya berlangsung satu heat.


Seperti halnya yang diungkapkan Alfian TC yang menggunakan KIS atas nama Jonathan Petrice dari tim Bastang Racing Team, lantaran proses bikin KIS-nya belum jadi sejak 2 bulan lalu. "Meski di heat pertama waktu saya tercepat yakni 18,037 detik, tapi saya pengin bertarung dalam 2 heat. Namun apa boleh buat kalau kondisi trek dan cuaca tidak memungkinkan," ujar pria yang menjawarai di kelas 18 detik ini.

Begitu juga yang dikatakan Pardan dari tim Veory Power. "Saat berlaga di heat satu, biasanya settingan mobil belum optimal. Kebanyakan masih nyari settingan yang pas, untuk turun di heat kedua. Saya pribadi, penginnya juga berlaga dalam 2 heat, soalnya sekaligus untuk mengetahui hasil settingan yang kedua," aku pria yang berhasil menjadi yang tercepat di kelas 13 detik dengan catatan waktu 13,043 detik.

Lantaran hanya digelar 1 heat, catatan waktu yang dihasilkan kurang maksimal seperti saat sesi kualifikasi. Pasalnya waktu sesi kualifikasi, H Dadang (Veory Power) dengan Nissan GTR R35-nya berhasil memecahkan rekor baru di kelas FFA dengan catatan waktu 09,773 detik.

Utomo Tjieoe, bos tim drag bike Tomo Speed Shop juga mengungkapakan. "Lantaran cuma satu heat, apapun hasilnya harus diterima. Tapi kalau dua heat, otomatis masih ada kesempatan kedua bila heat pertama hasilnya kurang bagus. Apalagi kondisi trek basah lantaran hujan, mau enggak mau tidak bisa gas pol, karena rawan melintir. Waktu yang diperoleh juga tidak maksimal," kekeh pria akrab di sapa Tomo.

Saiful Cibef, joki tim Vincent's JFK VND Racing Team juga angkat bicara. "Pengin saya ada 2 heat, soalnya heat pertama biasanya untuk tes/setting motor. Selanjutnya di heat 2 pol-polan pelintir gas. Tapi apa dikata kalau hujan begini. Kondisi hujan, saat start mesti ekstra hati-hati. Enggak bisa langsung betot gas, harus lebih lembut," tutup Cibef. (otosport.co.id)

Hasil lomba Drag Race
Kelas 12 detik
1.Hendra Predator
2.Dorand Lee
3.Weda Bagus P

Kelas 13 detik
1.Pardan
2.H Daas Suhendra
3.Awal

Kelas 14 detik   
1.M Herdy Fausy
2.Andre AD
3.Theodorus Surya 

Kelas 15 detik
1.Ignas 
2.Heryko Ricks
3.M Satrio

Kelas 16 detik
1.David F
2.Perry IP
3.Donni Hertansyah

Kelas 17 detik
1.Akbar Ilham
2.Bayu Nugraha
3.Dani BL 

Kelas 18 detik
1.Jonathan Petrice
2.Derie Lex 
3.RM Adityo S H

Kelas 19 detik
1.Cecep Rahmat
2.Wan Darmawan 
3.Bayu Putra P

Kelas FFA
1.H Dadang
2.Riza Ariana  
3.Verdian Reynaldy

Kelas 17 detik Achilles
1.Bima Ragil N
2.Budhi Wardhana
3.Andrew Yudha B           
 
Hasil Lomba Drag Bike
FFA 4 tak Campuran 250 cc (OMR Corsa)
1.Taufik Omponk
2.Amir Ceria 
3.Antonius Petruk

Matic FFA
1.Dani Tilil 
2.Ardiansyah Ucil
3.Cendy Gery

Matic s/d 150cc
1.Saiful Cibef
2.Cendy Geri
3.Imam Ceper

Matic Tune Up 200cc
1.Imam Ceper
2.Bowo Samsonet
3.Cendy Gerry  

Bebek 2 tak tune up 125cc
1.Bowo Samsonet 
2.Achonk Samsonet 
3.Widy Child POD

Bebek 4 tak tune up 125cc
1.Dwi Batank 
2.ImamCeper       
3.Ardiansyah Ucil 

Bebek 4 tak 200cc
1.Imam Ceper   
2.Bowo Samsonet  
3.Hardyawan Butut 

Sport 2 tak 150cc (frame std)
1.R Cholid Teor
2.Imam Ceper   
3.Hardyawan Butut  
       
Sport Tune up 140cc
1.Achonk Samsonet
2.Bowo Samsonet
3.Tokichi Kebo

Sport Tune up 155cc
1.Bowo Samsonet
2.Dwi Batank     
3.M W Hidayat       

FFA 250cc (non matic)
1.Dwi Batank   
2.Saiman Samsonet  
3.Oktavianus D  

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa