Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hero ION, Konsep Motor Hydrogen Fuel Cell Dari India

billy - Minggu, 9 Februari 2014 | 13:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

India - Bukan hanya berfikir maju dengan menyodorkan konsep skuter diesel, Hero MotoCorp juga memamerkan konsep motor bertenaga hydrogen fuel cell. Motor yang diberi nama ION ini menggunakan baterai berspesifikasi lithium-air dan mengusung teknologi fuel cell.

Baterai lithium-air diklaim memiliki kepadatan energi yang lebih besar ketimbang baterai lithium-ion biasa. Baterai ini menggunakan oksigen dari lingkungan luar sebagai cathode oxidan. Teknologi ini masih berkembang, tetapi energi yang tersimpan per kilo dikatakan sebanding dengan bensin.

Rodanya model hubeless atau tanpa poros teromol di bagian tengah. Roda ini menggunakan teknologi zero-friction magnetic levitation. Mirip cara kerja kereta monorel berkecepatan tinggi. Saat dialiri medan magnet maka ban akan melayang dari dudukannya sehingga bisa berputar tanpa ada gesekan.



Suspensinya menggunakan teknologi magnetorheological damping yang dapat menyesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui. Uniknya, bukan hanya roda depan yang bisa belok, roda belakang juga dimungkinkan berbelok untuk membantu handling agar lebih lincah.

Agar makin stabil saat berjalan, Hero juga menambahkan multi-axis gyroscopes dan accelerometers. Satu lagi terobosan yang dilakukan, motor ini juga bisa terkoneksi dengan informasi di helm pengendaranya. Fungsinya memberikan peringatan adanya rintangan atau bahaya di sekitar motor. (motor.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa