Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda GL100, Kental Cafe Racer Simpel

billy - Selasa, 26 April 2011 | 07:00 WIB
Honda GL100, Kental Cafe Racer Simpel
Honda GL100, Kental Cafe Racer Simpel

Ilham Ramadhan, modifikator rumah modifikasi U Colour di Depok, Jawa Barat, kembali bikin ulah. Honda GL100 milik Imam dari Pamulang, Tangerang Selatan, digarap tak ubahnya motor balap zaman bahuela atau beken disebut café racer.

Tidak mau melebar ke mana-mana dan fokus pada ubahan yang diinginkan pemilik. Unsur terpenting garapannya bukan cuma ekstrem, melainkan nilai kesederhanaan juga mendominasi.

Buktinya tampang café racer berbasis mesin Jepang itu cukup terlihat sederhana alias simpel, Bro!

Kalau lihat garapannya sekarang, Ilham mengaku bukan tidak mampu berkesperimen. Tapi karena kemauan Imam yang tetap ingin mempertahankan orisinalitas rangka juga fungsi motor.

Dan terbukti, frame asli tetap menunjukkan keindahaanya. “Bahkan cukup praktis bila suatu saat akan dikembalikan ke standar,” buka Ilham dari Perumahan Depok Maharaja, Blok J/2A.

Eits, tunggu dulu. Bukan berarti pakai rangka standar menyebabkan modifikasi jadi tidak sempurna. Lantaran ingin mempertahan frame itu, Ilham pun cari akal agar garapannya terlihat sempurna.

Lihat, pengerjaan utama ada di sektor bodi. Mulai dari bentuk tangki hingga buntut café racer yang membulat digarap serapi mungkin. Disebut rapi pasti ada alasannya. Hal itu karena rangka orisinal jadi poin penting buat dudukan pegangan pembuatan jok dan juga tangki.

“Jadi, cukup simpel, enggak butuh pusing bikin dudukan baru lagi. Karena pegangan tangki jadi basic ubahan hingga ke bagian buritan,” candanya.

Diakui Ilham juga kalau pengerjaan tangki diambil dari bahan dasar motor Honda CB200. Tentu setelah dipermak terlebih dahulu hingga menjadi lebih kecil dimensinya. Lalu tangki tadi disatukan dengan jok single ala café racer. Kemudian ditahan buntut tawon membulat dari bahan pelat galvanis 1 mm.

Honda GL100, Kental Cafe Racer Simpel
Honda GL100, Kental Cafe Racer Simpel
Melalui semua ubahan tadi, baru kemudian diberi kelir warna biru muda. Dikatakan Ilham sengaja dikolaborasi striping putih plus tulisan sambung khas motor retro era 1970-an.

Bagian kaki-kaki juga mendapat perlakuan seperti itu. Untuk menambah kesan modern pelek palang motor Suzuki Thunder 125 pun dicomot menggantikan pelek jari-jari aslinya. Selain sedikit memberikan kesan modern, juga dapat dilabur kelir putih sesuai dengan striping yang ada di tangki.

"Lalu kedua pelek tadi ditopang perdam kejut depan asli yang sedikit dicustom. Sedangkan untuk peredam kejut belakang menggunakan punya Yamaha RX-King," beber Ilham.

Sebagai pemanis, lapisan kilau krom juga cukup mendominasi bagian bawah. Mulai dari blok  mesin, tabung sokbreker hingga arm standar.

“Jadi, walaupun modifikasi yang dilakoni tergolong masih sangat simpel, namun kekentalan nuansa café racer tetap terpancar dari motor ini,” bangga Ilham sambil menebar senyuman puas.

Puas...puas...?  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Pelek : Thunder 125
Bodi : Pelat 1 mm
Setang : Custom
Batok lampu : Variasi
U Colour : 0813-1481-8109
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa