Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trik Amplas Piston Ngancing

billy - Minggu, 30 September 2012 | 13:53 WIB
No caption
No credit
No caption


Piston macet atau ngancing bikin was-was. Motor bakal jadi susah dislah karena piston menjepit di dinding silinder. Alhasil, liner akan tergores ring piston yang ngembang saat kruk-as berputar. Apes!

Ini namanya overheat, akibat pasokan pelumas ke dalam terlalu tekor. Sehingga cairan penahan panas dan gesek tidak mampu melindungi dinding silinder. Parahnya jika goresan terlalu dalam, kompresi bakal ngempos. Silinder pun musti dioversize.

Namun luka tadi masih bisa diatasi dengan cara meratakan lubang tadi pakai ampelas. Selama dalamnya belum di atas 0,15 mm. Apalagi ampelas seharga Rp 2.000-an dengan ukuran No. 1.000 dapat dengan mudah dicari di toko spare-parts atau bahkan material.

Biar gampang pisahkan antara piston dan silinder yang macet, dalam liner basahi dulu pakai oli baru. Enaknya tunggu saat suhu mesin mulai dingin.

Kalau kepala silinder yang diikat empat mur 14 sudah lepas. Lalu ungkit silinder ke atas perlahan sampai semua sudah terlepas. Jika di permukaan ada gumpalan kecil bekas pecahan gram, ratakan dulu bagian luar.

Baru kemudian garis goresan yang membekas diratakan pakai ampelas. Biar bentuk alur tidak berubah, arahkan juga gosokan ampelas sesuai alur pada dinding silinder. Agar tidak kasar, kertas pengkikis tadi dicelupkan di bensin terlebih dahulu. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa