Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rekondisi Sudut Puli CVT Skubek, Hanya Rp 50 Ribuan

billy - Senin, 16 April 2012 | 17:00 WIB
No caption
No credit
No caption


 Direkondisi biar putaran belt tetap rata
Penyebab akselarasi dan top speed skubek kedodoran, jangan cuma salahkan belt. Tapi, coba lihat permukaan puli primer dan sekunder, terutama sudutnya. Jika sudah tidak rata lagi atau bergelombang, akan mempengaruhi daya putar mesin hingga ke roda belakang.

“Biasanya belt sering selip ketika berputar di permukaan puli yang sudutnya mulai bergelombang juga tidak rata. Dan yang dirasakan pemilik skubek tenaganya seperti kododoran. Cuma yang disalahkan justru lebih sering belt daripada puli,” ucap Hendra Wijaya, mekanik Em-Tech.

Untuk mengatasi problem ini, Hendra sarankan agar sudut puli bergelombang atau permukaannya sudah tidak rata segera direkondisi. Cara ini boleh dan biasa dilakukannya jika ada pemilik skubek yang belum punya dana yang cukup untuk mengganti part baru.

Apalagi cara merekondisi sudut puli bergelombang sejatinya tidak terlalu rumit. Contoh puli Yamaha Mio yang sudut standarnya pakai ukuran 14 derajat. Kalau permukaannya mulai cekung atau bergelombang, puli tadi mesti dibubut untuk dikembalikan seperti semula.

“Oh iya, bubut sudut puli sedikit lebih murah daripada beli part baru. Misal ngebubut satu pasang puli dikenakan ongkos Rp 50 ribu sudah termasuk ongkos pasang. Sendang jika ganti part, bisa sampai Rp 90 ribuan termasuk ongkos pasang,” wanti mekanik di Jl. Tiga Putra, Komp. Lemigas, Maruyung, Limo, Depok.

Yang perlu diingat saat ngebubut sudut puli, jangan datang ke bengkel bubut yang biasa melakukan korek mesin. Selain harganya lebih mahal, bengkel bubut itu biasa modif bukan rekondisi. Oke, bro.. (motorplus-online.com)  

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa