Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Skywave Mendadak Ngadat? Cek Standar Samping!

billy - Rabu, 7 Maret 2012 | 06:48 WIB
No caption
No credit
No caption


 Mesti rajin dicek dan dibersihkan

Ketika mau pakai Suzuki Skywave, mendadak mesin tidak mau hidup. Padahal sebelumnya baru saja dipakai dan istirahat sebentar menggunakan standar samping. Tahu-tahu tombol starter enggak aktif meski tuas rem depan-belakang sudah naik.

Langsung cek kelistrikan, klakson dan sein nyala menandakan sekring tidak putus. Disusul cek api busi. Ternyata memang busi tidak memercikkan api. Dikira businya mati dan ganti busi namun tetap saja api busi tidak muncul. Sampai dikira koil atau CDI koit. Rasanya tidak mungkin karena angka odometernya baru 7 ribuan km.

Saat ditelusuri sebabnya, ternyata standar samping yang didukung switch side stand posisinya enggak sempurna mentok ke atas. “Akibatnya sakelar yang bertugas mematikan fungsi komponen pengapian jadi enggak maksimal ditekan standar samping,” jelas Ferrey Delon, mantan mekanik Kymco yang kini buka bengkel umum.

Melihat kejadian seperti itu bisa jadi mogok. Karena kalau sakelar enggak sampai ketekan standar samping. “Biasanya as tangkai standar samping mulai kotor atau berkarat sehingga bikin geraknya seret. Dan sebab paling parah biasanya akibat terjatuh hingga mengubah bentuk dan posisi pasang sakelar atau tangkainya,” ujar Supriyanto alias Supray, mekanik Suzuki Motor Mahkota Depok.

Lanjut Supray, switch side stand sebenarnya sama dengan engine stop. Cuma beda peletakannya. Sakelar di Skywave modelnya dorong atau tekan dan tidak fleksibel macam motor pabrikan lain. Jadi, kalau switch OFF, mati atau korslet, akibatnya arus ke CDI dan relay starter jadi mati.

Nah, untuk menghindari kejadian seperti ini, saran Supray agar selalu mengecek kondisi as tangkai standar samping. “Kalau banyak debu kotoran cepat dibersihkan. Dan kalau sudah muncul karat, di bagian yang seret baiknya dikasih cairan pelumas biar geraknya enggak seret,” imbuh Supray yang praktik di Jl. Margonda Raya (depan Mitra 10), Depok.

Namun jika hilangnya pengapian bukan karena tangkai standar samping seret, penyebab lainnya bisa dari relay starter yang sudah rusak. Pasalnya, arus listrik dari switch itu langsung masuk ke relay.

“Nah, ciri-ciri relay dan switch masih berfungsi normal, pas kunci kontak ON, dari relay yang ada di dekat lampu depan akan terdengar suara ‘klik’. Kalau enggak bunyi, berarti arus tak masuk relay. Pokoknya harusnya kunci kontak ON langsung bunyi ‘klik’,” wantinya. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa