Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Paking Knalpot Balap Dari Kuningan, Lebih Kuat dan Rapat

billy - Jumat, 30 Desember 2011 | 14:12 WIB
No caption
No credit
No caption


Lebih kuat
Judul di atas bukan menyatakan nama daerah Kuningan di Jawa Barat atau Kuningan di Jakarta Selatan. Tapi, material paking knalpot untuk motor balap biasanya terbuat dari bahan kuningan.

Menggunakan bahan kuningan lebih kuat. “Namun kalau ditekan moncong knalpot bisa rapat. Sehingga tidak bocor,” jelas Bang Jay alias Zaenudin dari Eka Jaya Motor.

Di motor balap kerap bongkar-pasang knalpot. Biasanya untuk mencari setingan yang pas. “Terpaksa aksi bongkar-pasang kerap dilakukan,” jelas mekanik yang dulu sempat punya bayaran termahal itu.

Kalau menggunakan paking standar, sekali pake langsung menciut. Atau bahkan rusak dan tidak bisa dipakai lagi. Kalau sering bongkar-pasang, dipastikan banyak paking terbuang. Uang yang terbuang juga semakin besar.

Berbeda jika menggunakan bahan kuningan. Sampai puluhan kali bongkar-pasang dipastikan tidak mudah rusak. Sehingga jadinya lebih murah walau ongkos pertama membuatnya jelas mahal.

Untuk membuat paking knalpot ini, biasanya bang Jay menggunakan bahan kuningan. Namun kadang-kadang meggunakan material albronze. Itu lho yang sering dipakai sebagai bahan sitting klep di motor balap. Namun kalau dari bahan albronze biasanya lebih mahal.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa