Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Mbrebet Sampai Mati Mendadak, Waspadai Connector Cop Busi

billy - Senin, 5 Desember 2011 | 07:23 WIB
Mesin Mbrebet Sampai Mati Mendadak, Waspadai Connector Cop Busi
Mesin Mbrebet Sampai Mati Mendadak, Waspadai Connector Cop Busi

Mesin mendadak mbrebet sampai mati mendadak, komponen yang yang disalahkan biasanya karburator. Atau komponen pengapian bermasalah. Namun kalau semua normal tapi tetap juga mbrebet, pastinya bikin bingung.

Seperti dialamai Boyo, kru Em-Plus, Vespa PTS miliknya tahu-tahu mbrebet dan mati mendadak di tengan jalan. Ketika cek aliran bensin dari tangki ke karbu lancar. Bahkan bunga api dari kabel busi pun berwarna biru.

“Rupanya connector penjepit ulir busi di dalam cop busi terlepas dari sarangnya. Sehingga besi berulir yang mengarah ke kabel busi pun tak maksimal menyalurkan arus listrik. Begitu kena getaran dan rengang, mesin mbrebet dan mati mendadak,” ujarnya.

Analisa Soemar, mekanik Abadi Motor, penyebab lepasnya connector di dalam bodi cop busi banyak. Diantaranya usia pakai. Kalau kelewat lama akan timbulkan karat.

“Bisa juga karena suhu sekitar terlalu panas. Dapat menyebabkan karet pelindung jadi getas hingga menyebabkan air kotor gampang menyelinap. Dan kalau sudah karat, hambatan pada connector pun makin besar. Api busi jadi kecil,” lanjut mekanik yang buka bengkel di Jl. Raya Sawangan, Parung, Bogor itu.

Nah, kalau gak ingin motor seperti itu, saran Soemar biasakan cek kondisi cop busi tiap 1 tahun. Sebab kondisinya dari luar tidak ada kerusakan, tapi jika dilihat dalam bisa bermasalah.

“Kalau enggak mau repot, saat servis berkala atau besar, minta tolong mekanik untuk ngecek arus dan hambatannya. Kalau enggak ada arus atau hambatannya besar, jangan heran tenaga motor kurang maksimal,” ingatnya. 

Editor : billy
Sumber : motorplus-online.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa