Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alat Potong Rantai, Lebih Aman Ketimbang Di Ketok

billy - Senin, 16 Mei 2011 | 07:08 WIB
No caption
No credit
No caption


 Pin ditekan perlahan sampai mata rantai terpisah
Kalau beli rantai baru yang kepanjangan, biasanya dipotong agar bisa dipasang. Namun enggak boleh sembarang. Jika tidak sesuai aturan dapat menyebabkan rantai tidak fleksibel saat memutar gir depan dan belakang.

Contoh potong rantai pakai paku dan martil ke arah pin mata rantai. Meski bisa dilakukan dengan susah payah, ada efek sampingnya. "Bushing pin di mata rantai berubah struktur akibat dipukul paksa berulang-ulang dan bikin pin bengkok juga sebabkan lubang bushing menyempit atau melebar.

“Mending gunakan alat khusus yang dirancang untuk memotong rantai. Itu lebih aman,” ujar Roni Suhandi, staff teknik UD Gemilang, toko khusus tool kit motor.

Seperti pemotong rantai merek Grip-on. Dipercaya dapat memangkas jumlah mata rantai sesuai keinginan. Proses potong hanya menekan perlahan salah satu pin hingga terlepas karena sistemnya press. Sisi dalam pelat mata rantai ditahan ujung pengait berupa catok. Bushing pin di mata rantai enggak berubah bentuk.

Keuntungan pakai alat ini, konstruksi bushing rumah pin rantai tetap sempurna. Gerak rantai pun tetap fleksibel. “Tapi, ingat, alat ini hanya dipakai untuk memotong rantai dan bukan menyambung rantai karena memang tidak direkomendasikan,” wanti Roni dari Komplek Glodok Jaya di Jl, Hayam Wuruk No. 37, Kota Jakarta Barat. Telepon (021) 6255545. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa