Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Snail Puller Chain, Setelan Rantai Aplikasi Motor Off-Road

billy - Minggu, 15 Mei 2011 | 10:28 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Puller chain tipe snail. Hemat waktu!
Seiring perkembangan teknologi rantai, komponen penyetel ketegangan rantai juga mengikuti. Meski belum di semua tipe motor, tapi teknologi ini jelas lebih praktis ketimbang setelan rantai yang sudah ada lebih dulu di motor umumnya.

Contohnya di Yamaha. Khususnya, di New Jupiter MX 135LC dan V-ixion. “Kami menyebutnya puller chain tipe snail,” ujar Muhammad Abidin, Manajer Technical Service, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Disebut begitu, karena bentuknya meyerupai keong atau siput. Sebenarnya, puller chain model ini juga tidak tergolong baru banget. Karena YMKI sendiri mengadopsi dari model part di pacuan garuk tanah mereka. Tapi, untuk motor harian atau umum, jelas belum banyak yang mengaplikasi.

Awalnya YMKI juga agak ragu buat terapkan di motor produksinya. Ya, seperti motor harian sobat tuh. Karena kondisi ini seperti mengubah kebiasaan. Tapi terbukti, malah disukai. Terlebih bagi para mekanik.


 Hilangkan kesalahan seting
Keuntungannya ketika aplikasi part ini, terletak di sisi waktu. Artinya, lebih cepat. Karena sobat tidak perlu memutar satu per satu mur pengencang di setelan. Apalagi melihat jarak antar setiap garis. Hal ini yang coba dihilangkan. Belum lagi jika ada garis yang rusak atau tertutup karat.Bikin susah menghitung garis tuh!

Puller chain model snail, cukup memposisikan tiap angka di posisi yang sama. Semakin besar angka, maka roda akan jauhi sumbu as arm. Gitu juga sebaliknya. Jadi, roda akan tetap center alias lurus. “Ini yang coba ditawarkan. Tingkat kesalahan seting minim, tapi servis ability jadi lebih cepat,” jelas pria akrab disapa Abidin ini. Okay!  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa