Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Karburator PE 28 Di TVS Apache RTR, Makin Responsif

billy - Selasa, 4 Januari 2011 | 17:21 WIB
Aplikasi Karburator PE 28 Di TVS Apache RTR, Makin Responsif
Aplikasi Karburator PE 28 Di TVS Apache RTR, Makin Responsif

Tangerang - Beragam cara dilakukan demi dongkrak perfoma be­sutan. Salah satunya aplikasi karburator PE 28 yang hingga kini dipercaya mampu tingkatkan suplai BBM ke ruang bakar. Ujungnya bikin akselerasi dan tenaga motor tambah nendang.

Seperti dibuktikan Triyono, warga Ciledug, Tangerang pada TVS Apache RTR 160 kesayangannya. “Putaran bawah makin responsif, begitu pula dengan nafasnya, terasa tambah panjang,” ungkapnya.
 
Meski dari segi konsumsi BBM sedikit boros, tapi dengan aplikasi karbu PE 28 ke RTR ini emang bikin akselerasi terdongkrak. “Karbu RTR mengusung tipe vakum, sedang karbu PE 28 model skep. Selain lubang venturi lebih besar, hal inilah yang diyakini bikin tarikan makin responsif,” ujar Muh. Suryadi, ke­pala mekanik Ultraspeed Racing.
Aplikasi Karburator PE 28 Di TVS Apache RTR, Makin Responsif
Aplikasi Karburator PE 28 Di TVS Apache RTR, Makin Responsif
Cara pengaplikasian juga gam­pang, hanya butuh waktu 2 jam. Mau tahu lebih detail? Berikut akan dipraktikkan langsung oleh Suryadi pada tunggangan jebolan PT TVS Motor Company Indonesia ini.

“Sebelum proses bongkar pa­sang dilakukan, sebelumnya tebus dulu karbu PE 28 yang di pasaran biasa dibanderol kisaran Rp 450 ribu hingga Rp 600 ribu,” anjur pria yang ngepos di Jl. H. Mencong No. 42 Ciledug, Tangerang.

Langkah awal, copot karbu RTR pada dudukannya yang dilanjut melepas skepnya. Lalu potong se­mua ulir dudukan baut pengunci kabel gasnya (hingga habis), gunakan gergaji besi (gbr.1).

Kalau ulir sudah terpotong, lanjutkan gergaji potongan ulir secara melintang (gbr.2) agar potongan ulir gampang dilepas. “Tujuannya untuk menghilangkan ulir ini dari kabel gas, sehingga tarik ulur kabel gas bisa lebih panjang serta pas saat dipasang di PE 28,” yakin pria yang akrab disapa Choky ini.
Aplikasi Karburator PE 28 Di TVS Apache RTR, Makin Responsif
Aplikasi Karburator PE 28 Di TVS Apache RTR, Makin Responsif
Masih ujarnya, “Sebenarnya pakai metode memotong ujung kabel gas yang kemudian disolder pada ujungnya atau diikat pakai benang juga bisa. Tapi kelebihan cara ini, pengunci skep (tonjolan) ujung kabel gas masih utuh, sehingga sangat yakin tak akan mudah lepas.”

Lanjut! Kalo sudah, pasang kabel gas yang sudah di-custom itu pada skep karbu PE 28 dan dilanjut merakit pada dudukannya. “Pemasangan PE 28 ini tinggal plek dan tidak ada penyesuaian lain. Begitu pula dengan filter udaranya, masih berfungsi nor­mal,” imbuh Choky.

Oh ya, bisa plek, karena dia­meter luar karbu RTR bagian in (yang menuju intake) adalah 37 mm (gbr.3), sedang bawaan PE 28 34,5 mm. “Saat karbu PE 28 dimasukkan pada intake manifold agak longgar sedikit, tapi setelah klem pengunci dikencangkan, hasilnya lebih rapat,” tegas pria umur 27 tahun ini.

Filter udara juga masih bisa terpasang, karena diameter lu­bang luar karburator RTR bagian ex (yang menuju filter udara) adalah 45 mm (gbr.4), sedang bawaan PE 28 48 mm. “Diameter bawaan PE 28 memang sedikit lebih besar sih, namun kalau agak dipaksa, jalur filter udara bisa masuk,” tutup pria ramah ini. (motorplus.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa