Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sistem Injeksi Motor Honda, Sudah Memasuki Tahap Tiga!

billy - Jumat, 31 Desember 2010 | 12:57 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Motor injeksi salah satunya diproduksi untuk mengikuti standar EURO. Agar rendah rendah emisi dan hemat bahan bakar.

Makanya sistem injeksi juga mengikuti standar EURO II dan EURO III. “Ketika masih EURO II, sistem injeksi masih cukup step 1 dan 2. Pada step ini hanya perbaikan pada posisi ECU atau ECM,” jelas Sarwo Edhi, instruktur Astra Honda Training Center.

Pada step 1, ECM (Electronic Control Module) menyatu dengan throttle body. Sehingga rawan banjir. Hanya digunakan pada Honda Wave 125 Thailand.

Begitu nongol Supra X 125, sistem injeksi Honda jadi step 2. Demikian juga Wave 125 Thai. ECU ditempatkan lebih tinggi di bawah jok. Jauh dari banjir.

Begitu masuk era EURO III, sistem injeksi khususnya di Honda jadi step 3. Diterapkan pada betik Honda Absolute Revo.

Pada step 3, takaran bensin-udara lebih presisi. Karena dilengkapi lamda sensor di lubang buang. Tugasnya memantau gas hasil pembakaran. Jika kebanyakan atau kekurangan udara akan memberi sinyal ke ECM untuk menakar ulang semprotan bensin.

Jadi, tak hanya proses yang diperhatikan. Hasil akhir pembakaran juga dipantau.
(motorplus.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa