Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Tail Safety Light di Buritan Motor, Lebih Safety Saat Hujan Lebat

billy - Jumat, 19 November 2010 | 14:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Aktivitas bersepeda saat ini semakin diminati seluruh kalangan. Pernak-pernik yang digunakannya pun kian lengkap, lantaran peminat dan permintaannya terbilang tinggi.

Soal safety juga tak dilupakan. Seperti pemakaian lampu tambahan di depan (handle bar) serta di belakang jok (tail-safety headlight), mengandalkan suplai tenaga dari baterai serta sumber cahaya pakai versi LED.

Pernik sepeda seperti tail-safety headlight ini sejatinya diperuntukkan buat bersepeda di malam hari, terutama pada jalur jalan yang minim penerangan. Fungsinya sama dengan di motor dan mobil, agar pengendara di belakang dapat melihat posisi kita.

Mode pendaran cahaya yang dihasilkan lampu belakang sepeda ini, berkedip secara konstan dan kontinyu. Efek kedipan cahaya yang menyala terus-menerus ini, bisa menarik perhatian mata pengendara lain. Sehingga mampu menciptakan kewaspadaan ekstra di jalan.

No caption
No credit
No caption

Pemasangan pada behel sifatnya hanya sementara, cukup pakai bracket supaya mudah dibongkat-pasang

Dimensinya yang mungil menjadikannya mudak diaplikasi

Khusus bagi pengendara motor, tail-safety headlight sepeda ini sebenarnya bisa diaplikasi pada tunggangan Anda, bahkan bisa disematkan pada apparel yang sedang dikenakan.

"Saya pasang di batok helm sebelah belakang, supaya menarik perhatian dan bikin aman di jalan," jujur Chandra, store manager Build A Bike di arteri Pondok Indah, Jaksel.

Lampu keselamatan ini punya beragam model mulai bentuk oval, bulat, persegi serta mengotak. Mereknya juga banyak di antaranya seperti Sigma, United dan Cateye yang tergolong familiar di kalangan pehobi sepeda. Harga ditawarkan mulai puluhan hingga ratusan ribu rupiah, tergantung selera dan produk yang disuka.

Pemasangannya sangat mudah. Misal di permukaan batok helm, cukup menempelkan dudukan yang sudah ada perekat (double tape), kemudian memasang baterai pipih (CR-series) dan bisa langsung diaktifkan.

Untuk pemasangan di motor, paling mudah disematkan pada bagian behel belakang. Pilih model lampu yang sudah dibekali bracket pengikat, supaya dapat terpasang dengan rigid ketika sedang melaju kencang.

Peruntukan tail-safety headlight sepeda di motor ini, sebaiknya dipakai di saat hujan lebat terutama malam hari. Sebab jika diaplikasi buat harian, terkesan mubazir lantaran lampu belakang motor lebih berperan.

 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa