Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Anak Kunci Tipe Gigi Dalam, Lebih Bergengsi dan Safety

billy - Senin, 24 September 2012 | 09:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Dulu anak kunci motor kebanyakan menggunakan tipe gigi luar. Namun sekarang banyak motor baru menggunakan anak kunci gigi dalam, misalnya Yamaha Xeon dan KTM Duke 200. Kunci model ini seperti milik mobil. Dengan perbedaan posisi gigi ini, apa sih pengaruhnya?

“Pengaruh menggunakan gigi dalam lebih safety. Menggunakan gigi dalam lebih prestige karena bentuk giginya seperti gigi di kunci mobil. Ketebalan giginya lebih tebal sehingga lebih kuat,” kata M. Abidin, General Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Lebih kuat karena ketebalan penampang di masing-masing gigi tidak dicoak bolak-balik seperti kunci gigi luar.

Inovasi ini juga dibenarkan oleh Junaedi, spesialis duplikat kunci. “Kunci gigi luar lebih cenderung cepat aus ketimbang gigi dalam, karena gigi luar langsung bergesekan dengan rumah gigi,” tandas pria yang buka lapak di Jl. Panjang Raya, di depan rumah No. 9, arah Permata Hijau, Jakarta Barat.


Dengan kondisi gigi yang mudah ompong, tentu segi safety berkurang. Mudah dibobol dan kunci enggak menggigit kalau sudah begitu bisa jatuh di jalan, kan pasti bikin bete. Itu coba dihilangkan dengan menggunakan kunci yang memiliki gigi dalam. Tentunya penggunaan tipe kunci tergantung riset pabrikan yang sudah menimbang itu semua.

Kunci yang memiliki gigi dalam juga menguntungkan bagi pemakai. Bentuknya tidak ada bagian-bagian yang meruncing. Sehingga tidak merobek saku celana dan tidak melukai kulit.

Namun kelebihan itu tentu ada kekurangannya. Ketika pingin bikin kunci duplikat, harga juga lebih mahal. “Untuk duplikasi kunci tipe gigi dalam siapkan budget sekitar Rp 20-50 ribu, itu bahan enggak sama seperti original. Namun kalau pakai kunci kepunyaan mobil bisa tapi harga sekitar Rp 50-70 ribu,” seru pria yang sudah menggeluti dunia duplikasi kunci selama 24 tahun itu. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa