Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Waspada Tenggorokan Bikers Kering, Pengaruh Udara dan Polusi

billy - Selasa, 25 Desember 2012 | 11:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Teggorokan kering sering terjadi pada pengendara. Bukan hanya saat puasa atau tidak minum dalam jangka waktu beberapa jam. Tetapi sering dirasakan ketika bangun pagi atau saat berkendara di jalanan. Termasuk juga ketika dalam ruangan ber-AC beberapa saat.

Jangan sepelekan kering tenggorokan. Efeknya, bisa ke seluruh tubuh. Seperti meriang, sakit ketika menelan makanan dan aktivitas terganggu. Tenggorokan kering ini indikasi awal tubuh butuh air. Tentu supaya terhindar dehidrasi.

Banyak penyebab tenggorokan kering. "Karena pengaruh udara yang kering dan polusi di sekelilingnya. Udara yang kering mempengaruhi membran hidung dan membran tenggorokan menjadi kering," buka dokter Ana Marsino yang buka praktik di Kompleks Bukit Nusa Indah, Ciputat, Tangerang Selatan.


Menurut dokter yang buka praktik sore hingga malam ini, udara luar yang kering bisa karena terik matahari, debu dan polusi, sehingga menyebabkan rasa kering pada tenggorokan lebih cepat dari biasa. Tetapi sepanjang rasa yang dirasa hanya kering, cukup dan bisa diatasi hanya dengan minum air putih secara rutin.

"Sebaiknya minum sedikittetapi rutin. Misalnya setiap 15 menit. Sebab dengan cara ini akan lebih optimal melembabkan membran yang kering, dibandingkan minum banyak tapi hanya dua kali sehari," tambah dokter Ana.

Selain udara kering, bau-bauan seperti yang mengandung aerosol dan asap rokok secara terus menerus akan lebih mudah menyebabkan tenggorokan kering. Jika didiamkan akan menyebabkan iritasi dan akibatnya tenggorokan sakit kronis. Hal ini bisa berakibat kesulitan menelan. Untuk menjaga kesehatan diri sebaiknya segera menjauh dari penyebabnya jika  merasakan tenggorokan kering. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa