Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BSA Owners Motorcycles Siantar (BOMS), Terus Berjuang Melestarikan

billy - Jumat, 26 Oktober 2012 | 12:37 WIB
No caption
No credit
No caption


Sejak 2005, BSA Owners Motorcycles Siantar alias BOM’S tidak pernah menyerah memperjuangkan pelestarian motor tua khususnya BSA di Pematang Siantar. Motor buatan Inggris ini bukan sekedar menjadi ikon kota terbesar kedua di Sumatera Utara, tapi juga menjadi mata pencaharian bagi masyarakatnya karena BSA juga dijadikan becak motor.

“Kami terbentuk ketika DPRD membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang penghapusan becak motor Siantar dengan alasan modernisasi,” buka Erizal Ginting, pendiri sekaligus ketua umum BOM’S. Saat itu BOM’S bersama tokoh masyarakat Siantar langsung mencetuskan ‘Empat Tuntutan Rakyat Bikers Becak Siantar’. “Tapi hingga kini baru dua dari empat tuntutan dipenuhi. Yaitu pencabutan Perda penghapusan becak motor Siantar dan pemutihan surat motor tua,” sebut Erizal sambil merinci dua tuntutan lainnya.

“Tuntutan lainnya adalah meminta dibuat Perda yang mengatur becak motor Siantar ini menjadi satu-satunya kendaraan wisata di Siantar. Dan terakhir adalah meminta pemerintah mentake over pemeliharaan dan membuat aturan pelarangan menjual BSA di Siantar keluar daerah,” tegasnya.

Menurutnya ini penting karena BSA dan becak Siantar sudah menjadi daya tarik bagi kegiatan wisata di Siantar. “Di seluruh dunia tidak ada kota yang mayoritas becaknya ditarik motor gede seperti BSA,” jelas pengusaha perhotelan ini.

BSA sendiri sudah banyak dimiliki warga Siantar sejak 1958 silam. Motor tua peninggalan Belanda ini kemudian dijadikan becak. Beberapa merek juga dijajal seperti Harley-Davidson dan BMW. Tapi sesuai tipologi Siantar yang berbukit, BSA dianggap paling cocok.

Kecocokan ini membuat masyarakat Siantar berburu BSA ke pelosok negeri. “Dulu di tahun 80-an sempat populasi BSA mencapai 3.000 unit. Sayang kalau ikon ini sampai hilang atau tidak dijaga. Bagi kami becak Siantar ini sama seperti batik atau ulos, aset budaya yang tidak ternilai harganya,” tegas Erizal.   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa