Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Iket Sunda, Jadi Pengganti Bandana Saat Riding

billy - Senin, 15 Oktober 2012 | 08:22 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Biker identik dengan bandana, produk kulon alias barat. Nah sebenarnya, masyarakat tradisional kita di Sunda atau di Jawa sudah mengenal ikat kepala ini. “Tradisi nenek moyang nih, wajib kita lestarikan,” komentar Erwin Moron, biker, musisi juga penggiat budaya ketua Komunitas Sunda Kreatip (Konsup).

Di kalangan motoris, ikat kepala khas kedaerahan ini juga sudah sering dipakai. Bentuknya sama dengan bandana malah punya dimensi jauh lebih lebar. Variasi  atau gaya ngikatnya juga jadi bisa lebih banyak dan nyaman.

“Selain motif yang khas Indonesia, ikat kepala lebih banyak fungsi ketimbang bandana. Karena lebar, di kepala bisa lebih nyaman, banyak variasi cara mengikat sesuai kreativitas termasuk bisa dialih fungsi lain sebagai penutup hidung saat riding, Menutup leher jadi hangat,” tambah Hendrik Togas, penjual variasi biker dari Poser Chapterz Tangerang.

No caption
No credit
No caption

Di beberapa tempat nongkrong misalnya di seputaran Bandung, ikat kepala ini bakal ngetren di kalangan motoris. Dalam beberapa riungan biker, banyak brother tak lagi memakai bandana tetapi sudah  pakai ikat kepala. Secara estetika, paduan jaket kulit, sepatu booth dan ikat kepala di atas, dianggap macho dan serasi.

Komunitas motor antik, CB Mania, Jap’s Style juga peturing skuter juga tigeris banyak memakai ikat kepala ini sebagai variasi gaya juga fungsional.

Motif juga beragam. Khas Banten, warna biru tua atau coklat dengan penampang lebar ukuran 100 cm X 100 cm atau ikat Sunda berbentuk segitiga corak batik, putih hitam atau cokelat, punya daya tarik tersendiri. Nggak kalah oke kalau diajak bersaing dengan bandana ala Amerika yang cenderung lebih kecil.

Variasi ikat kepala ini berkembang terus baik corak ataupun cara mengikatnya. Komunitas Iket Sunda (KIS) dari Bandung misalnya, mencatat tidak kurang dari 26 jenis ikat kepala peninggalan leluhur bisa menjadi alternatif pengganti bandana.

Sipnya, mereka juga sudah memiliki anggota sekurangnya 600 orang rata-rata anak muda terdiri dari seniman, musisi juga biker. Nama dan gaya mengikatnya juga beragam, seperti istilah Ki Lengser yang menunjukkan status sosial, dianggap sepuh atau senior.

Banyak biker juga menyukai gaya totopong atau bisa disebut Bendo Cepot dengan gaya mengikat yang menutupi bagian belakang kepala. Gaya ini dianggap lebih informal dan tentunya juga mudah cara mengikatnya.

Nah sebagai salah satu alternatif fesyen biker, nggak ada salahnya kan membudayakan ikat kepala khas yang ada di daerah masing-masing. Tentunya tidak hanya Sunda atau Jawa, pastinya seluruh daerah yang ada di Indonesia punya jenis ikat kepala yang sesuai khasnya.

Bro setuju? (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa