Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spion Pabrikan VS Imitasi, Kesan Jadul Tapi Fungsi

billy - Sabtu, 22 September 2012 | 11:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Mengganti spion standar dengan variasi memang bikin keren. Tapi, mengganti komponen ini jangan asal. Pabrikan punya beberapa alasan kenapa model spion standar agak jadul dan kelihatannya kurang keren.

Tentu saja pabrikan sudah mempertimbangkan aplikasi spion. Lewat serangkaian percobaan. Seperti misalnya, penggunaan lensa cembung dalam spion standar pabrikan.

Keistimewaan cermin cembung itu diantaranya bisa menangkap atau memantulkan objek atau benda seberapapun jauhnya. “Cukup memandang dari kaca spion aje. Obyek di belakang bisa tertangkap dengan baik,” kata Freddyanto Basuki, Manager Promosi Kawasaki Motor Indonesia.


Secara karakter penggunaan lensa cembung memang ada sedikit kelemahannya. Yakni obyek yang tertangkap terkesan lebih dekat dari sebenarnyanya. Sehingga, “Bagi orang yang ‘agak penakut’ melihat obyek sudah terlalu dekat akan terlalu waspada. Padahal jarak sebenarnya masih jauh,” kata Freddy.

Selain itu coba perhatikan juga, posisi spion standar motor pun juga agak menjorok keluar. Kalau ditarik garis lurus melewati ujung setang motor. Tentu saja ini ada maksud dan tujuannya. “Dengan posisi seperti ini akan mengurangi ruang yang tidak terlihat atau blind spot,” ungkapnya.

Sebenarnya masih ada alasan lainnya mengapa posisi spion melebihi setang. “Ini jadi semacam penyelamat bagi pengendara. Contohnya ketika akan melewati space di antara kemacetan, spion ini berfungsi sebagai pengukur,” jelas Freddy yang suka memakai topi miring itu.

Kalau spion sudah masuk berarti memang space tersebut bisa dilalui. Kalau tidak kan mentok. “Juga, sebagai pengaman, bayangkan kalau posisi spion lebih dalam dari setang. Yang terkena setangnya duluan. Ini kan berbahaya. Motor bisa jatuh,” jelas Freddy.

Sayangnya pada beberapa variasi spion kaidah-kaidah safety ini agak kurang terperhatikan. Seperti terlihat dalam beberapa model spion yang dijual. Ukuran cerminnya lebih kecil, model kacanya juga terkadang tidak cembung mirip kaca penghias.

Selain itu batang spionnya lebih pendek. “Kesannya memang lebih nyaman ketika nyelap-nyelip di antara kemacetan. Tapi, ini sebenarnya lebih berbahaya. Blind spot lebih besar. Dan ukuran bagian terluarnya ya itu tadi si ujung stang,” bilang Freddy.

Makanya, kalau ingin mengganti spion dengan spion variasi, brother kudu perhatikan kondisi di atas. Jangan sampai ingin gaya tapi keselamatan diabaikan.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa