Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT Paduan sport Elegan

billy - Kamis, 27 Oktober 2011 | 08:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Terlahir sebagai generasi Lancer, aura sport kental menempel pada varian EX 2.0 GT. Selain garis bodi tajam layaknya mobil kencang, seirama pula dengan desain bodi jajaran Lancer Evolution, juga sudah pakai pelek 17 inci. Maka ubahan pun banyak yang mengarah ke gaya racing. Namun bukan itu yang tercermin pada Lancer EX hitam milik Jimmi racikan gerai W7 Carsmetic di Taman Palem, Jakbar ini. Usaha memadukan bodi sporti dengan nuansa elegan bisa menghasilkan buah yang manis. Bagaimana langkahnya?

BURITAN SIMPEL
Bodi Lancer yang sudah mencerminkan aura sporti rupanya tidak banyak disentuh oleh William Harjanto, pemilik W7. Bentuk moncong yang agresif sudah sangat mencirikan penggila performa, bukan? Alhasil, karakter inilah yang dipertahankan. Bahkan nuansa balap hanya diperkuat dengan permainan bodi kit.

Garis bodi dibuat sangar hanya pada seputar bumper dan grill depan. Bukan berarti bumper aslinya tidak sporti. Namun kesan kencang dirasa perlu dipertegas lagi. Akhirnya, satu set bumper pun berganti desain. “Bumper depan mengambil desain dari Porsche 911 GT3,” ujar pria berkacamata minus ini.


Bentuknya jelas jauh berbeda dengan penahan benturan asli. Karena tiga buah air dam besar terpampang jelas dari depan.

Garis-garis horizontal pun membuat bentuknya kian agresif. Terlebih desain grill juga menyatu bumper. Hal ini tampak memadukan desain bumper Porsche yang tanpa grill.

No caption
No credit
No caption
Sementara pada Lancer ini, terdapat lubang asupan udara buat ruang mesin. Kian sip, kap mesin senada dengan Evo X. Bonnet standar istirahat, karena kap mesin aftermarket ini berlapis carbon fibre dan lebih enteng. Sementara, buritan terkesan jauh berbeda.

Tarikan garis sporti tetap kentara, namun tanpa sayap besar. Hanya duck tail imut di atas bagasi. Bumper pun tidak ekstrem dengan diffuser layaknya mobil balap. Namun cukup sederhana dengan sepasang muffler tip di sebelah kanan.

Nah, urusan elegan paling pas dimainkan pada interior. Karena kesan elegan lebih pas buat harian. Tengok saja balutan kulit asli Italia dijahit dengan gaya VIP. “Tetapi tidak bling-bling, ya” bisik William. Roda beige menyiratkan kemewahan, berbadu dengan head unit double DIN monitor plus sepasang monitor pada head rest. Sporti pun melebur dengan elegan!


Pelek 20 Inci
Salah satu sisi yang menentukan tampilan adalah kaki-kaki. Uniknya, ground clearance Lancer ini tampak tidak berubah. Ah, rupanya memang tidak ada sentuhan sama sekali pada suspensi. Namun pilihan pelek bisa membuatnya tampil beda.

Yup betul, lingkar roda 17 inci standar ditanggalkan. Ruang roda yang tersisa pun masih bisa menampung pelek besar hingga dimensi 20 inci. Pilihannya pelek palang 5 Giovanna dengan ukuran 20 x 8 inci rata buat depan dan belakang.

Menyematkannya bisa langsung tempel asal ketemu dengan ukuran yang sesuai. Karena itu offset pelek ditentukan +45 agar bibir pelek bisa ketemu bibir fender dan rata bodi. Sementara masih menyisakan ruang cukup untuk pergerakan ketika roda diputar. Itu pun setelah pelek dibalut ban 225/35R20. Ada yang mau ikutan?  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa