Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Great Corolla SE-G Di Lirik Berkat Gaya Amrik

billy - Rabu, 19 Oktober 2011 | 07:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Kecintaannya pada varian Toyota Great Corolla, tidak lantas membuat Vincent Sentosa cepat puas dengan tampilan standar besutannya ini. Justru sebaliknya, Ia ingin selalu membuat mobil kesayangannya itu terlihat beda dari model yang ada di Tanah Air. Ubahan yang dilakoni kali ini mengacu konsep American style, layaknya versi USDM (United States Domestic Market) yang hanya beredar di negeri Paman Sam.

Sebenarnya Vincent sudah pernah mendandani Greco (Great Corolla) miliknya ini dengan beberapa gaya modifikasi. "Dulu memang pernah diubah bergaya JDM (Japanese Domestic Market), lantaran banyak teman yang aplikasi gaya modifikasi itu. Tapi sekarang mulai bosan karena sudah banyak yang berdandan ala JDM, biar enggak ada yang nyamain saya modif full USDM," kenang lulusan fakultas ekonomi Unika Atma Jaya Jakarta ini.

Awalnya Vincent memang lebih fokus memodifikasi tampilan interior mobilnya ini. Seperti mengganti instrumen indikator layaknya versi USDM, dengan ciri khas tulisan mph (miles per hour) pada panel spidometer sebagai penunjuk kecepatan. Termasuk mengganti warna lampu di panel AC dan tombol power window, dengan cahaya jingga kemerahan.

Namun pria berkacamata ini menganggap kalau tampang standar Greco kelir merah marunnya itu, tak sebanding dengan tampilan kabin yang memang sudah terlihat beda dari versi lokal. Akhirnya diputuskan untuk mengganti beberapa bagian eksterior bawaan mobil, tentunya dengan panel asli kepunyaan versi USDM.

Detil tampilan eksterior dibikin beda untuk mempertegas kesan USDM. Bemper depan-belakang diganti pakai kepunyaan tipe LE Sedan, yang di Amrik sudah dimodali mesin tipe 7A-FE kapasitas 1800 cc.


Sektor penerangan utama malam hari dipercantik dengan headlamp dan corner lamp black crystal, yang menjadi salah satu ciri khas tampilan Greco versi USDM. "Komplet dengan gril serta logo Toyota versi USDM, termasuk mengganti stop lamp berikut garnish belakang yang merupakan OEM dari Greco di sana (Amerika)," bangga Vincent.

Sebagai pemanis dipasang ducktail berbahan rubber di ujung panel kap bagasi, serta membobol plafon demi memasang sunroof bawaan Corolla XE. Tak ketinggalan mengupgrade sektor kaki pakai Enkei ring 15 inci, dengan PCD sesuai dengan bawaan mobil.  

Sementara mesin 4A-FE masih dipertahankan. Hanya melakukan porting-polish untuk mengoptimalkan pasokan udara dan bahan bakar ke ruang bakar, termasuk mengganti header versi 4 A-GE 20V versi Greco Jepang.    (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa