Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Mesin Turbo Diesel, Kasih Low Boost Turbocharger

billy - Sabtu, 22 September 2012 | 14:08 WIB
No caption
No credit
No caption

Upgrade paling ‘sopan’ adalah turbo low boost.

"Turbo low boost bisa dikatakan memiliki range mulai 0,5 bar sampai 1,4 bar, lebih dari itu bisa dibilang high boost," ungkap Ovi Sardjan, tuner andalan bengkel Khatulistiwa Motorsport di Jl. Pramuka Raya Kav.69, Jakpus.

Nah, untuk mesin diesel masa kini, kebanyakkan turbo sekarang sudah berada di rentang tersebut.


Pilihan pertama bisa dengan memaksimalkan kerja mesin aslinya. Piggyback tentu jadi pilihan paling ekonomis. Misalkan saja dengan merek Dastek Unichip yang berkisar Rp 5 jutaan.

Piggyback berguna untuk membaca posisi kevakuman mesin sampai turbo mencapai boost maksimal. Juga untuk menipulasi data debit injektor yang bakal disemprot dan memutus boost cut sensor.

"Enaknya mesin yang sudah dilengkapi turbo, relatif lebih mudah untuk upgrade. Tinggal maksimalkan lewat piggyback dan module control turbo, kerja turbo yang hanya di kisaran 0,5 bar bisa dimaksimalkan hingga 2 bar," sambung pria yang rajin senyum ini.

Nah, untuk mesin diesel masa kini, bisa diperkirakan tenaga yang dicapai bisa naik 15 dk sampai 18 dk, hanya dari kenaikkan 0,1 bar turbo. Dengan catatan melalui program safe tuning alias jangan terlalu ekstrem. Wahh, tinggal kali saja besaran boost yang ada dari tenaga standar mesin.

Sedikit naik step, coba pasang intercooler. Besarannya tentu disesuikan turbo yang bakal terpasang.
 
"Harganya rata-rata berkisar Rp 3 juta tergantung ukuran," jelas Doni Satrio, pemilik bengkel DonSa Garage di bilangan Bintaro sektor 9, Jaksel. Tujuan intercooler agar udara yang dimampatkan, bisa sedingin mungkin.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa