Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merawat Panel Interior Warna Hitam, Bikin Mengilap Sekejap

billy - Rabu, 19 September 2012 | 14:02 WIB
No caption
No credit
No caption


Kabin mobil yang didominasi panel warna hitam kadang diremehkan oleh pemiliknya. Karena dianggap tak memerlukan perawatan khusus agar tampilannya tetap terlihat bersih dan mengilap. Padahal jika permukaan panel berbahan plastik ABS seperti trim pintu, pilar-pilar serta dasbor sering tersengat sinar matahari dan kurang dirawat, kelamaan tampilannya juga akan memudar.

Jika interior hitam mobil Anda sudah mulai terlihat kusam atau tak mengilap lagi, jangan tunda untuk segera mengembalikan kilapnya menggunakan produk car care berkualitas. Dijamin efek mengilap akan kembali dalam sekejap.

Pertama yang perlu dilakukan, usahakan tak memarkir mobil di bawah terik matahari langsung. Sebab hasilnya akan membuat permukaan panel tampak belang, jika sudah dibasuh cairan pengilap namun tidak langsung diseka saat itu juga (Gbr.1).

Sebaiknya parkirkan di carport yang tertutup kanopi atau di garasi. "Intinya, kondisi sekitar mobil harus teduh, dan saat melakukan pembersihan panel sebaiknya bagian per bagian agar hasilnya tidak belang," saran Sebastian dari Cling Auto Detailing di Bintaro Jaya, Tangerang.

Untuk cairan car care dapat dibeli di supermarket atau sentra onderdil terdekat. Salah satunya seperti produk MBtech Cleaner yang dirancang untuk membersihkan serta melindungi permukaan plastik, vinyl, karet termasuk untuk kulit.

Bersihkan terlebih dulu seluruh permukaan plastik warna hitam yang sudah kusam dari debu atau kotoran. Semprotkan cairan pembersih dan pengilap ke seluruh permukaan panel yang kusam, dan gunakan sponge (busa) untuk meratakan hingga ke bagian yang sulit dijangkau (Gbr.2).

Jangan langsung dikeringkan, tunggu sekitar 30 detik agar kotoran membandel di permukaan panel hitamnya dapat terangkat. Setelah itu gosok menggunakan busa, semua bagian yang sudah basah tadi hingga tampak bersih.

Kemudian lap dengan menggunakan kain bersih, seluruh areal permukaan panel yang sudah dibersihkan pakai busa tadi, hingga tampilannya terlihat mengilap dan tampak lebih hitam (Gbr.3). (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa