Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Bikin Plafon Mobil Bermotif Lebih Meriah

billy - Rabu, 18 Juli 2012 | 08:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

Modifikasi seakan tiada habisnya mengeksplorasi potensi yang terpendam dalam sebuah mobil. Bagi pelakunya, inovasi merupakan salah satu bagian paling sukses dalam menyita perhatian juri ketika sesi penilaian pada sebuah kontes. Baik yang sifatnya fungsional maupun tampilan semata.

Seperti yang ditemui OTOMOTIF ketika berkunjung ke beberapa ajang kontes modifikasi yang diselenggarakan di kota-kota besar di Indonesia. Yang menarik perhatian yakni di area kabin. Kini bukan saja bidang yang terlihat langsung oleh mata yang coba dikembangkan potensinya. Tetapi ide-ide baru mulai merambah bagian kabin yang boleh dibilang jarang dilirik, yakni plafon.

Ya, atap bagian dalam kabin ini masih bisa dilakukan peningkatan tampilannya untuk move-on menyelaraskan tema kabin sekaligus karakter modifikasi yang diusung. Di Jakarta, Richard Herlambang Wahyudi menerapkan motif rising sun ala Negeri Matahari Terbit.

"Biar sesuai tema modifikasinya, rujukan Saya kan gaya street racing JDM," ujar pembesut Honda Civic Estilo ini yang juga mengaplikasi motif serupa di balik kap mesinnya. Untuk aplikasinya, Richard menyerahkan pengerjaan ke seat maker untuk dibuatkan bahan plafon baru dari kulit sintetis yang dibentuk sesuai pola yang diinginkan.

Motif lain juga dihadirkan Try Prabowo di plafon Honda Jazz RS miliknya. Boleh dibilang, langkah yang ditempuh lelaki asal Yogyakarta ini lebih nekat. Yakni melabur keseluruhan plafon dengan goresan cat airbrush. "Biar sama dengan tema modifikasi airbrush yang saya jagokan," senyum Bowo, sapaannya.


Prosesnya sendiri dilakukan oleh tim Potlot Planet Airbrush dari Bantul, Jateng. Sebelum digores airbrush bergrafis karakter film Pirates of the Carribean, plafon dilapis ulang terlebih dahulu dengan bahan kulit.

Nah, model atraktif lain juga dapat ditemui di plafon Honda Jazz RS milik Yunita asal Solo, Jateng yang menyesuaikan nuansa Hello Kitty di kabinnya. Oleh Deki dari gerai Beta Interior, dilakukan perpaduan antara jahitan pola bermotif dengan media akrilik dengan imbuhan lampu LED.

Setelah kreasi akrilik jadi, barulah di kombinasikan tata letaknya dengan jahitan pola bermotif yang punya bahan kulit sintetis.  Untuk kreasi seperti ini dihargai Rp 1,8 juta. "Harga untuk mobil lain relatif, tergantung besar kecilnya bidang plafon yang akan dikerjakan," sahut Deki.

Namun pria yang punya gerai di JL. Raya Grogol, Solo ini menyebut kisaran harga Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta untuk pengerjaan lapis kulit motif biasa tanpa adanya ornamen akrilik. Prosesnya sendiri memakan waktu sampai tiga hari.

Sementara jika ingin yang lebih sederhana namun tetap berkarakter, bisa mencontoh cara James. Olehnya, plafon Honda Civic Genio besutannya hanya digantikan bahan suede amara warna merah. Sebagai catatan, bahan seperti ini jamak di aplikasikan pada jok maupun trim pintu untuk menguatkan kesan racing di kabin.

Memang tidak bermotif, namun mampu tampil beda dibanding kreasi lain yang rata-rata mengaplikasikan bahan kulit sebagai media dasar untuk pembentukan motif. Mau pilih yang mana? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa