Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Merawat Wrapping Sticker Glossy dan Doff, Beda Perlakuan

billy - Kamis, 5 Juli 2012 | 06:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Membungkus eksterior mobil atau body wrapping pakai stiker, memang membuat mobil terlihat beda. Apa yang dikehendaki pemilik mobil, seketika langsung terwujud.

Body wrapping biasanya banyak dilakukan ketika menjelang kontes modifikasi. Meski begitu, toh banyak juga yang memang ingin ganti warna. Misal bosan dengan warna merah, bisa pilih putih mengilap, hitam doff dan banyak lagi.

Kebanyakan pemilik mobil mengaplikasi stiker mengilap (glossy) dan doff. Perilaku ini tak hanya ramai di dalam negeri, di belahan dunia sana juga sudah lama jadi tren, termasuk para selebriti yang mengubah warna standar mobil andalannya.

No caption
No credit
No caption

Keren sih keren, tetapi ini mengharuskan pemilik lebih apik merawat tampilan mobilnya agar warnanya tetap terlihat bagus. "Sebenarnya perawatan stiker enggak jauh beda dengan cat biasa. Cukup di-wax atau cuci pakai air sabun," ujar Panca, operator Wiens Sticker di Arteri Kedoya, Jakbar.

Hanya saja, pria yang sering membungkus bodi mobil dengan stiker ini mengingatkan. “Yang di-wax itu buat stiker glossy, kalau stiker doff pakai air biasa pun cukup. Untuk kotoran seperti percikan lumpur tak masalah.”

"Repotnya kalau ada bercak oli dan 2-3 hari dibiarkan, nanti agak susah tuh dibersihkannya. Terutama stiker doff," lanjut Panca yang sudah 7 tahun bergelut dengan stiker mobi. Selain itu, menurutnya, stiker doff sifatnya juga mudah menampung debu, jadi lebih sering dibersihkan.


Daniel Saputra, Manager ShowCar Garage di Jln. Meruya Ilir Raya No.191, Jakbar, punya masukan tambahan, "Untuk stiker yang mengilap, tidak boleh dipoles pakai mesin. Karena mesin poles menimbulkan panas, akhirnya timbul gelembung atau stikernya mengerut. Jadi cukup dipoles biasa."

Untuk wax-nya, boleh merek apa saja, namun Daniel menyaraknan asal jangan ada cleaner-nya. Nanti makin parah, karena yang ada cleaner-nya kan ada partikel-partikel halus seperti pasir.

Sementara untuk pencucian stiker doff pakai air, pria murah senyum ini menyebut bisa juga air dicampur alkohol. "Kalau beli di toko kimia, ada namanya isopropyl alcohol, tinggal dicampur air setengah. Itu tidak terlalu keras buat stiker doff. Apapun warna stiker doff tidak masalah, tidak akan luntur," ujar Daniel yang bengkelnya pernah menangani mobil yang dibalut stiker. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa