Rawat Nosel Wiper Cukup Pakai Wiper Washer Fluid

billy - Senin, 28 Mei 2012 | 10:28 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Peranti nosel washer untuk wiper terkini punya kelebihan tersendiri dibanding model lama. Meskipun lubang nosel hanya satu satu tapi bentuk agak pipih melebar. Nosel seperti ini jamak ditemui pada nosel wiper depan Toyota Kijang Innova dan All New Toyota Avanza. Atau, bagian belakang Suzuki Ertiga.

Tak jarang kerap kali peranti imut ini menjadi buruan pemilik mobil lain untuk diaplikasikan ke dudukan nosel mobil-mobil lain merek (Gbr.1). Kelebihannya yang disukai yakni semburannya menyebar rata hampir ke seluruh permukaan kaca.

"Kalau dilustrasikan jangkauan semburannya seperti bentuk hati 'Love'," ucap Joko Widodo, Service Advisor bengkel Plaza Toyota di JL. Pemuda, Jaktim. Untuk merawatnya, pria langsing ini menyarankan tak perlu memakai metoda lama seperti mencungkil lubangnya dengan jarum atau peniti maupun menyikatnya dengan sikat gigi halus.

"Karena arah semburannya sudah paten, tidak bisa dibelokkan lagi," ucap Joko. Soal perawatannya terbilang mudah, cukup isi tabung reservoir wiper dengan cairan khusus yang disebut wiper washer liquid (Gbr.2). Bahan cair ini kandungannya selain berfungsi sebagai pembersih juga sebagai anti jamur.

Sudah begitu, pemakaian jangka panjangnya meminimalkan tersendatnya semburan di lubang nosel. "Tinggal tuang saja, tidak perlu campur air lagi," sarannya. Joko juga mewanti, tidak memakai campuran air sabun.

Karena dikhawatirkan komposisi campurannya dengan air yang kadang tidak pas, juga efek jangka panjangnya  akan menimbulkan bekas jamur atau kerak. Kalau terlalu lama dan menjadi kering tidak dibilas air akan menyebabkan lumut di permukaan bodi sekitar dudukan nosel.

Di pasaran sudah banyak dijual dengan ragam merek. "Kalau rekomendasi Toyota dijual Rp 18 ribu per liternya," tutupnya. Mudah kan.  (mobil.otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : billy

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa