Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bersihin Lubang Baut Pelek, Jangan Sampai Terlewat

billy - Senin, 14 Mei 2012 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Dalam mencuci mobil, bagian pelek pasti menjadi salah satu bagian yang harus dibersihkan. Tapi, kebanyakan pemilik mobil sering melewatkan bagian lubang baut pelek. Padahal disitu lah kerap terjadi tumpukan kotoran, bahkan kalau sudah lama tidak dibersihkan bisa timbul kerak.

Purwanda Riskyanto, salah satu yang rutin membersihkan sela-sela lubang baut pelek. “Biasanya dilakukan setiap mencuci mobil dan jangan lupa air bekas cuciannya dikeringkan agar tak menimbulkan bercak,” saran mahasiswa tingkat akhir jurusan Hospital Public Relation Universitas Indonesia ini.

Nah, bagaimana dengan cara para ahli dalam membersihkannya? Yuk kita bahas! “Kalau bisa membersihkannyaa harus rutin, soalnya kalau tidak nanti pasti susah diangkat kotorannya,” ungkap Ade, dari Karunia Jaya Ban.

Langung aja menuju lokasi praktek. Kalau untuk perawatan rutin pelek standar, cukup sikat dengan sikat gigi bekas dan sabun colek di sela-selanya (Gbr.1). Oiya, pilih sikat gigi yang berbahan karet (lentur) agar tak patah saat menyikat pada sela-sela yang sempit.


Kalau sudah mengganti pelek aftermarket yang dilapis chrome, cara merawatnya berbeda. “Bisa gunakan minyak tanah atau obat jamur kaca untuk mengangkat kotorannya. Kalau pakai sabun colek bisa merusak lapisan chrome-nya,” tambah Ade yang bermarkas di jalan Raden Inten No.82H, Jaktim (Gbr.2).

Setelah seluruh kotoran berhasil dilumpuhkan, langkah terakhir jangan lupa mengeringkan menggunakan lap chamois (Gbr.3). Langkah ini wajib dilakukan mengingat jika tak sampai kering, air bisa menimbulkan bercak noda (spot).

Membersihkan sela-sela lubang baut pelek memang dibutuhkan kesabaran ekstra. “Tiap pelek punya 4-6 lubang apalagi yang model dobel PCD, makin banyak lagi lubangnya,” tutur Purwanda yang sedang sibuk menyusun skripsi ini.

Selain itu, kalau mau hasil lebih maksimal lagi, pelek sebaiknya dilepas dari singgasananya.Sehingga memudahkan perawatan dan proses pembersihan.(mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa