Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Cefiro Indonesia, Parts Limbahan Banyak Pilihan

billy - Jumat, 4 Mei 2012 | 10:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Punya mobil impian tahun ‘90-an memang mengasyikkan. Namun, usia mobil yang terbilang uzur, kondisinya belum tentu 100% prima. Pastinya banyak menuntut penggantian beberapa komponen vital, khususnya kategori slow moving. Prinsip ini yang diakui oleh para anggota komunitas Cefiro Indonesia dalam merehabilitasi Nissan Cefiro andalan mereka.

"Bassically ini mobil canggih di zamannya, khususnya fitur-fitur yang sifatnya elektris," jelas Jo Fajito, salah satu member aktif. Salah satu kasusnya jika kelistrikan ngaco (kacau), Jo menyarankan untuk merunut satu per satu kabel-kabel wiring maupun fuse sekring.

No caption
No credit
No caption

 Jeroan mesin punya kemiripan dengan mesin Nissan seri SR Atau RB
Lalu soal suspensi, bawaan asli Cefiro punya sistem elektris yang bisa disesuaikan tingkat kekerasannya, mau soft atau hard. "Alternatifnya bisa ganti yang model biasa aja, punya Cefiro juga atau (Mitsubishi) Galant," sahut Riandi Ichram, anggota aktif yang memiliki Nissan Cefiro 1994.

Riandi melanjutkan, komponen lain yang patut diperhatikan adalah power steering yang kerap bocor minyaknya. Solusinya mau tak mau harus ganti unit baru. "Caranya bisa cari parts limbah punya Nissan Silvia S13 atau Skyline R32," lanjutnya yang juga memberikan alternatif unit power steering Toyota Crown atau Cressida.


 komponen kaki-kaki bisa pakai limbahan bawaan Nissan Silvia S13
Jo melanjutkan, masalah lainnya yakni air flow yang kadang tidak menentu putarannya. Salah satu gejalannya yakni iddle rpm kadang naik dan turun atau gas yang tersendat langsamnya alias mbrebet. "Baiknya ganti baru atau cari copotan. Onderdil asli sih masih bisa didapat, tapi sudah jarang," keluh pria yang juga penggawang bengkel balap Banana Auto ini.

Sebagai rujukan, komponen kaki-kaki bisa memakai kepunyaan Nissan Silvia S13, sedangkan jeroan mesin bisa kanibal dari mesin-mesin Nissan berkode SR atau RB.  (mobil.otomotifnet.com)

Sekretariat cefiro Indonesia: 0812-9172624 (Aris)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa