Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tambah Suplai Udara, Pembakaran Sempurna dan Bertenaga

billy - Jumat, 13 April 2012 | 12:17 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Enaknya bergaul di klub, berbagai masalah seputar mobil kesayangan bisa didiskusikan bersama. Salah satu yang sering dibahas oleh teman-teman Proton Club Indonesia (PCI) yakni membenahi pembakaran dengan cara menambah suplai udara. "Kami punya rekomendasi alat yang bisa dipakai di semua mobil," jelas Iwan Eka, Ketua Umum PCI.

Menariknya, yang diandalkan bukan dari produk aftermarket yang sudah ada, namun hasil kreasi sendiri yang kini sudah dipatenkan dan dijual massal (Gbr.1). Kinerjanya sama seperti cold air intake, tetapi suplai udara justru diambil dari udara dingin yang ada di kabin, bukan dari seputar ruang mesin.

"Bukan hanya kuantitas udara saja yang ditambah, tetapi kualitas udara juga ditingkatkan," ujar Toto Mustopa, pengembang peranti berlabel Scai Jet ini.

“Kalau dari ruang mesin atau udara luar tidak bagus kualitasnya,” lanjut Toto yang juga Service Manager di dealer Proton Edar Tanjung Duren, Jakbar ini. Sehingga dengan pasokan udara bersih, diyakini pembakaran jadi lebih sempurna.


Efeknya letupan tenaga meningkat, khususnya di putaran mesin tinggi maupun rendah. Menurut Toto, suplai udara tambahan yang dimaksud punya kepadatan udara dengan unsur positif yang lebih banyak, karena diambil dari ruang kabin hasil pendinginan AC.

Pemasangan perangkat ini diklaim cukup mudah, hanya butuh waktu 15 menit. Langkah pertama, membuat dudukan baru untuk klem pemegang tabung terlebih dahulu (Gbr.2). "Harus permanen enggak boleh getar, karena ada magnetnya di dalam tabung," himbau Toto.

Sementara fungsi keran sendiri untuk mengatur pasokan masuknya udara yang dapat disesuaikan kebutuhan dan kapasitasnya. Rentang kevakumannya ada di angka 0-30 psi. "Kalau di (Proton) Exora rata-rata 10 – 20 psi, kalau mobil lain bisa 15-20 psi, besar kecilnya berpengaruh ke pembakaran, efeknya ke tenaga," jelas pria berkumis tipis ini.

Lalu dua selang yang ada pertama ditujukan ke lubang intake manifold dengan penghubung khusus (Gbr.3), selang lainnya untuk masuk ke kabin melalui celah yang pada kabel-kabel bodi atau AC di dek firewall. "Saya pengguna matic, perpindahan lebih smooth dan terasa lebih responsif," senyum Iwan Eka yang menyebut harga perangkatnya Rp 800 ribu. Boleh juga!
(mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa