Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perawatan Bodi, Yuk, Usir Kerak Bekas Getah!

billy - Minggu, 25 Maret 2012 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Mendiamkan bekas getah buah, biasanya ketika mobil diparkir di bawah pohon, sebenarnya dapat menimbulkan bercak berkerak pada permukaan pernis cat bodi mobil. Hal ini dikarenakan getah dari buah yang jatuh memiliki karakter yang bikin permukaan benda mengeras.

"Sama halnya seperti kulit manusia, jika terkena getah buah pasti enggak lama akan terasa gatal dan kalau didiamkan dan tidak segera dibersihkan bisa melukai permukaan kulit terluarnya," jelas Richard Smith, bos Sleek Auto Detailing, gerai perawatan dan body repair mobil di Bintaro sektor 7, Tangerang.

Jika dibasuh pakai air bersih kemudian dikeringkan pakai lap bersih, dijamin permukaannya tak dapat semulus kondisi semula. Untuk mengembalikan kondisi permukaan pernis agar dapat kembali resik, mesti lakukan metoda poles sempurna untuk melenyapkan efek noda.

Pertama yang mesti dilakoni, mencuci sekujur bodi mobil dengan prosedur standar pencucian (Gbr.1). Kemudian keringkan seluruh permukaan eksterior sampai tidak ada air lagi yang meleleh dari sela-sela bagian bodi mobil.

Menurut Richard, permukaan bodi mobil yang sudah bersih, akan memudahkan proses pemolesan di seluruh permukaan cat eksterior. "Intinya semua kotoran yang nempel pada permukaan pernis cat sudah tidak ada lagi," imbuh pria ramah ini.


Tahapan selanjutnya, berdasarkan pengalaman Richard, bagian permukaan yang masih terdapat kerak bekas getah buah tadi, mesti digosok menggunakan bahan kompon (Gbr.2). "Untuk menghilangkan kerak bekas getah buah yang sudah mengeras dan tak dapat dibersihkan lagi dengan air bersih," jelas pehobi mobil retro klasik ini.

Setelah dikompon, dilanjukan dengan proses glazing supaya tampilan eksterior kembali mengilap (Gbr.3). Proses ini bertujuan untuk memulihkan warna cat bodi, dan membuat permukaan pernis yang terkena kerak getah buah tadi kembali seperti sedia kala.

Langkah terakhir, melapisi seluruh permukaan bodi termasuk bagian yang terdapat bercak getah tadi, menggunakan pasta wax yang fungsinya untuk melindungi permukaan bodi dari kotoran sejenis (Gbr.4).

Kemudian bekas pasta wax yang sudah mengering dibersihkan menggunakan lap kain bersih dan kering, sampai seluruh permukaannya terlihat mengilap.

Untuk mengecek apakah bagian yang dibersihkan sudah terasa mulus, rasakan pakai jari tangan dengan mengelus-elus bagian yang sebelumnya terdapat kerak bekas getah buah tadi. Dijamin tak ada lagi kerak yang nempel di bagian itu.

Selamat mencoba.. (mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa