Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Monitor Berbahasa Indonesia, Bikin Awam Lebih Paham

billy - Jumat, 9 Maret 2012 | 13:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Hampir bisa dibilang semua produk audio yang ada di Tanah Air, dengan tampilan digital seperti pada head unit single disc maupun monitor 2-DIN menggunakan tulisan berbahasa Inggris pada seluruh menu standarnya.

Lumrah memang, lantaran hingga saat ini seluruh komponen car audio masih diimpor dari luar negeri. Namun belakangan beberapa importir produk in car entertainment (ICE) ini menyediakan unit yang sudah dilengkapi bahasa Indonesia pada sistem standarnya.

Beberapa di antaranya seperti monitor double DIN merek Audiobank dari PT Berkat Audio Perkasa Jaya (BAPJ), serta seluruh varian monitor M Tech lansiran PT Kramat Motor.

Tujuannya, agar pemakai yang masih awam seputar sistem multimedia di head unit mobilnya akan lebih paham untuk melakukan sendiri pengaturan sesuai kebutuhannya. "Karena aplikasinya juga enggak terlalu rumit, penggunanya akan lebih dimudahkan dengan menu berbahasa Indonesia," tandas Richard Kurniawan, direktur pemasaran M Tech.

Untuk fitur, baik produk Audiobank maupun M Tech, sama-sama dibekali kelengkapan yang tak beda dari versi berbahasa Inggris. Mencakup player DVD, VCD, CD, MP3, MP4, slot USB, SD card serta koneksi aux-in.

Bahkan sudah dilengkapi aplikasi lainnya mulai dari TV analog, steering remote control dan GPS yang menjadi favorit konsumen ICE Tanah Air saat ini.

Hal yang cukup menarik seperti ditawarkan monitor M Tech pada seluruh tipe universal maupun versi OEM-nya. "Setting-an awal sudah dibikin default (standar) berbahasa Indonesia. Jadi kalau mau diganti English, mesti mengubahnya lewat menu setup," jelas Richard.

Untuk saat ini pilihan monitor Audiobank dengan pilihan bahasa Indonesia, masih sebatas tipe OEM untuk Toyota Innova. Sementara produk M Tech, semua model universal sudah berbahasa Indonesia dan untuk tipe OEM baru tersedia buat Honda CR-V.
(mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa