Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sensitivitas Touch Screen, Kalibrasi Mesti Presisi

billy - Selasa, 21 Februari 2012 | 18:39 WIB
Sensitifitas Touch Screen, Kalibrasi Mesti Presisi
Sensitifitas Touch Screen, Kalibrasi Mesti Presisi

Sensitifitas Touch Screen, Kalibrasi Mesti Presisi
Sensitifitas Touch Screen, Kalibrasi Mesti Presisi
Teknologi layar sentuh (touch screen) pada monitor head unit, sudah menjadi kelengkapan standar saat ini. Namun seiring pemakaian yang cukup lama, kemampuan merespon sentuhan ujung jari sedikit ngaco, lantaran tingkat sensitifitas panel LCD mulai menurun.

Misal ketika menekan opsi salah satu frekuensi pada memori radio 1, yang terdeteksi malah memori ke-2, meski menekannya sudah tepat pada pilihan tadi.

Untuk mengembalikan kemampuan respon layar sentuh ke kondisi paling akurat, dapat melakukan kalibrasi ulang panel LCD monitornya. "Kalibrasi touch screen bisa dilakukan tanpa harus masuk ke menu kalibrasi terlebih dulu, jika tidak tersedia opsi kalibrasi pada monitornya," kata Pauw Siong dari PT Asia Wahana Audiotama (AWA), agen pemegang merek monitor Symbion.

Menurut Pauw Siong untuk membuka setting-an kalibrasi dari pabrikan, cukup menekan secara berurutan tombol stop, zoom, panah atas dan panah bawah pada remote control head unit (Gbr.1). Sekadar mengingatkan, sebelum melakukan setting kalibrasi ini, kondisi monitor harus dalam mode play (CD atau DVD) (Gbr.2).

Sensitifitas Touch Screen, Kalibrasi Mesti Presisi
Sensitifitas Touch Screen, Kalibrasi Mesti Presisi

Setelah itu, akan muncul tanda ‘+’ di tengah layar monitor, sebagai titik poin yang harus digunakan untuk proses kalibrasi touch screen. Sentuh tepat di bagian tengah pada tanda plus tadi pakai ujung jari (Gbr.3), supaya sensitifitasnya lebih presisi berada di poin yang akan digunakan nantinya. "Usahakan jangan sampai keluar dari tanda tambahnya, agar respon layar sentuh lebih akurat," tandas kepala service division AWA itu.

Ikuti semua proses kalibrasi ini dengan menekan titik tengah poin (+) yang akan bergeser secara otomatis dari tengah ke pojok kiri atas, kemudian pojok kanan atas, lanjut ke pojok kiri bawah dan pojok kanan bawah. "Kalau belum juga muncul tanda OK, teruskan menekan titik poin-nya. Jika sistem sudah terkalibrasi dengan sempurna, pasti muncul tanda OK (Gbr.4) diikuti dengan tampilan balik ke menu awal," jelas Pauw Siong.

Intinya, semakin presisi area tekan saat proses kalibrasi, maka tingkat sensitifitas touch sreen akan semakin tinggi.
(mobil.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa