Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Meninggalkan Mobil Selama Liburan, Perawatan Tanpa Henti (Bag.2-Habis)

billy - Jumat, 30 Desember 2011 | 13:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Kabin Bagasi
Meski sepele, bagasi atau kabin barang kerap terlupakan. Jangan lupa, bagasi yang tak pernah dibuka akan menyimpan segudang problem.

Bila karet pintu bagasi sudah mulai bocor dan air mulai menyusup ke dalam bagasi, akan menimbulkan bau lembab (apek). Belum lagi air yang terjebak di balik karpet bagasi akan menimbulkan karat.

Sebelum berlibur, tak ada salahnya berbenah bagasi dengan menjemur karpet bagasi dan mengeringkan dek yang masih basah akibat air sisa cucian atau hujan.

Sebarkan pula kapur barus atau silicon gel untuk menyerap lembab yang berlebihan. Bila di dekat mobil ada indikasi serangga atau semut, bisa juga berikan kapur antisemut.

Tangki Bensin
Disadari atau tidak, meninggalkan mobil dengan kondisi tangki bahan bakar kosong bisa menyebabkan proses kondensasi. Khususnya untuk mobil lawas yang masih memakai tangki besi, embun air di dalam tangki jelas rawan menimbulkan karat.

Tak ada salahnya, mengisi penuh tangki bahan bakar selama ditinggal berlibur dalam waktu lama agar tak sempat terjadi kondensasi. Bila perlu, tambahkan cairan atau aditif seperti water remover saat mengisi bahan bakar, untuk memastikan kandungan air yang sempat bercampur dengan bahan bakar akibat proses kondensasi bisa lenyap.


Aki
Kebiasaan zaman dulu, khususnya untuk mobil lawas yang setrumnya mulai bocor, adalah membuka terminal positif atau negatif aki selama ditinggal berlibur dalam waktu lama. Maksudnya agar aki tidak tekor.

Selama mobil masih mengusung pasokan bahan bakar karburator mungkin tak ada masalah. Namun bila mobil sudah memakai sistem injeksi yang dikontrol ECU, melepas terminal aki bisa menjadi problem.

“Takutnya ECU justru me-reset program secara otomatis dan menyebabkan mobil malah tak hidup,” papar Ovi Sarjan dari Kathulistiwa Surya Nusa, distributor resmi ECU stand alone Haltech dan Motec.

Tak ada kata lain, selain memastikan aki dalam kondisi prima selama ditinggal lebih dari 1 minggu. Bila perlu, cek kondisi aki dengan AVO meter agar hati tenang selama berlibur.

Roda
Ada beberapa cara meninggalkan mobil dengan menjaga kondisi roda tetap baik, terutama ban. Bisa dengan mendongkrak, lepas roda dan menggunakan stand jack atau mengisi angin ban hingga 50 psi, agar kondisi ban tidak ‘gepeng' di bawahnya. Cakram pun bisa disemprot pembersih dulu agar terlindungi dari kotoran. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa