Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Retrofit Projector Headlamp, Pancaran Sinar Kembali Bugar

billy - Senin, 19 Desember 2011 | 06:39 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Retrofit custom dengan membuat dudukan baru buat proyektor
JAKARTA - Punya dream car BT90’s tetapi jarang keluar malam? Ah, pasti kena penyakit rabun senja, tuh. Tanpa mentari, hitamnya aspal kian legam lantaran pancaran sinar lampu kian memudar. Jangan dibiarkan!

Bukan hanya berisiko menghajar lubang menganga yang mengancam kaki-kaki atau penyeberang jalan yang tidak tampak, tampilan mobil pun jadi kusam karena sinar lampu menguning dan tidak terang. Jauh dari kinclong, kurang sip buat nongkrong.

Selain urusan bodi, mobil bisa segar kalau lampu masih bening. Ibarat pergi ke pesta, sudah rapi tetapi mata merah karena kurang tidur. Begitu juga dengan lampu mobil.

No caption
No credit
No caption

 Ada beragam ukuran proyektor untuk disesuaikan dimensi reflektor asli
Tenang, usah beli lampu asli yang harganya bisa selangit. Malah tampilannya bisa lebih sip karena dijejalkan teknologi terkini. Yaitu dengan retrofit headlamp dengan model projector plus HID.

Masih bisa pakai lampu asli. “Prosesnya, lampu kita bongkar dan dibersihkan. Lalu dipasang proyektor dan HID. Biasanya buat mobil-mobil Eropa yang sudah pakai proyektor, bisa juga diganti agar sinar lebih terang dan fokus,” bilang Kelvin Aliwarga dari gerai DS HID di Gatot Subroto, Jakpus. Mika lampu bisa dibersihkan, kalau sudah agak buram pun masih bisa dipoles.

Kalaupun belum pakai proyektor, bisa dipasangkan ke reflektor asli. Sedangkan yang sudah pakai proyektor, bisa diganti. “Mungkin pada saat itu, proyektornya tidak sebaik sekarang. Jadi terangnya sinar beda meski pakai bohlam sama,” lanjut Kelvin, sapaan karibnya.


Proyektor yang disiapkan Kelvin pun beragam ukuran untuk menyesuaikan dimensi reflektor asli lampu. Sedangkan pemasangan reflektor baru tergantung bentuk headlamp. Ada yang susah ada yang tidak beda dengan dudukan reflektor asli.

Tingkat kesulitan pun menentukan banderol retrofit. “Misalnya buat BMW E36 malah lebih sulit dari E46,” tambahnya. Namun sebagai garis besar, ongkos berikut komponen antara Rp 4-5 juta.

Sedangkan buat yang mau retrofit projector headlamp tanpa HID, bisa lebih murah, mulai di atas Rp 2 jutaan. Sinar pun benderang kembali.  (mobil.otomotifnet.com)

DS HID: (021) 52922519

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa