Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lift Kit Suspension Suzuki SX4, Bisa Naik 5 Centimeter

billy - Rabu, 14 Desember 2011 | 17:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Sejatinya mobil jenis crossover macam Suzuki SX4 diciptakan mampu melintasi jalan raya dan jalanan rusak hingga light off-road. Bisa diperhatikan dari ground clearance dan ukuran ban dibuat lebih tinggi dari mobil sedan.

Namun buat yang kurang puas dengan tongkrongannya, enggak usah risau. Karena sudah tersedia lift kit atau peninggi suspensi khusus buat SX4. “Barang ini saya tiru dari produk dari Amerika (Rocky Road Outfiiters, red). Tapi bahan-bahannya saya pakai dan sudah diuji di lembaga konstruksi jadi diusahakan mempunyai kekuatan sama,” ujar Andi Candra, sang penjual.

Lift kit suspension yang dibanderol Rp 2,5 juta termasuk pasang ini terdiri dari 2 buah front strut spacer sebagai pengganjal sokbreker depan, 2 buah front strut spacer sok belakang, 2 shock mounting kit dan sejumlah baut camber (Gbr. 1).

Untuk pemasangan, kata Andi yang juga service manager bengkel resmi Suzuki Fatmawati, Jaksel ini tidak perlu mengubah atau mengganti parts asli mobil. “Karena tinggal tambahin aja kok, enggak perlu mengganti per dan sokbreker segala,” bebernya.


Misal untuk bagian depan, spacer atau pengganjal dipasang di batang sokbreker (Gbr. 2). Sedangkan belakang, cukup memasang spacer untuk mengganjar per dan mounting kit sebagai dudukan baru sokbreker (Gbr. 3).

Andi mengklaim, meski naik 5 cm dari standarnya namun kenyamanan tidak lantas hilang seperti naik mobil jip. “Karena arm belakang lebih ketarik jadi mainnya lebih banyak dan tetap empuk,” beber warga Cibubur, Jaktim ini.

Karena bodi sudah terangkat, otomatis dimensi ban dapat ditingkatkan biar serasi. Kalau ban standarnya 205/60R16 dapat di-up menjadi ukuran 235/65R16. “Lebih dari ukuran itu akan mentok kalau belok. Ini anjuran dari pabrikan Amerika sana,” tukas Andi.

Crossover tinggi? Siapa takut! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa