Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Transmisi Matik, Perhatikan Kondisi Slang Hawa

billy - Senin, 5 Desember 2011 | 11:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Mobil memang tidak dirancang untuk menerjang banjir, tetapi kalau harus melewati jalan yang tergenang air cukup tinggi, apa boleh buat. Enggak mungkin kan harus menunggu air surut. Apalagi genangan air jadi momok bagi pengguna mobil bertransmisi otomatis. Mulai dari mogok hingga harus ganti oli transmisi yang biayanya sampai jutaan rupiah. Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, asal memperhatikan kondisi slang hawa transmisi.

JANGAN DIPAKSA
Bagi yang baru punya mobil matik dan belum mengetahui seluk-beluk transmisi matik, ada baiknya mengenal kondisi kendaraannya. Terutama jika di tengah perjalanan menghadapi genangan air atau banjir. "Kalau melewati genangan air yang tingginya kurang dari 1 meter, enggak masalah," kata Eddy Handoko yang menimba ilmu transmisi matik di Australia.

Pemilik bengkel Boss Matic di Jln. Barata Raya No.26, Karang Tengah, Tangsel itu menyebut, perlu diperhatikan itu hose-nya atau lubang hawa. Pada prinsipnya, lubang hawa sudah diberi slang safety ke atas yang lebih tinggi dari mesin.

Slang hawa letaknya 1 meteran dari permukaan jalan. Tergantung ground clearance tipe mobilnya juga, model city car berarti lebih rendah. Mobil penggerak roda belakang posisi lubang hawanya lebih tinggi dibanding penggerak roda depan yang rentan.

Tetapi ada juga beberapa tipe transmisi yang lubang hawanya tidak ada slang atau tutup berupa valve (katup). Tutup ini buat mengeluarkan hawa panas transmisi saat mobil hidup. Ketika berhenti di genangan air, air bisa masuk dari tutup itu.

Mobil lama dan baru tak beda. "Bedanya kalau mobil lama (sudah 10 tahun) pengaman atau valve cover-nya hilang atau pecah, sehingga masuk air," tutur Pak Haji beranak satu. Beberapa orang yang tahu, slang hawa diganti baru dengan lebih panjang.

Kalau kemasukan air, "Buat mobil transmisi matik computerized system, otomatis kelistrikan jadi korsleting, transmisi enggak mau pindah," lanjutnya. Saat itu mobil tidak berhenti. Baru setelah beberapa kilometer timbul indikator gambar gear di dasbor, artinya ada masalah  kelistrikan.


Yang tidak computerized, perpindahan gigi yang biasanya lembut akan terasa bunyi ‘jeduk...'. Kalau dipaksa terus akhirnya selip, biasanya kampas aus, mau tak mau turun transmisi. Jasa biaya turun transmisi sekitar Rp 1,5 juta, jika sama part-nya Rp 4 jutaan.

Setelah mengarungi kubangan air sebaiknya cek oli transmisi. "Kalau masih berwarna merah bening, enggak masalah. Kalau agak keruh berarti sudah masuk air. Tindakan pertama segera di-flushing," jelasnya.

"Selama ini sih enggak ada masalah apa-apa kalau berkendara saat hujan atau lewat genangan air," ucap Fia, warga Pondok Labu, Jaksel, pengguna Toyota Yaris. Kalau  tahu menanganinya, mobil matik memang enggak perlu takut melintas di genangan air.   (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa